BPBD Kota Tangerang Terus Upayakan Cepat Tanggap Padamkan Kebakaran dengan Respons Time 12 Menit

KOTA TANGERANG INFONEWS TERKINI -

Kebakaran adalah salah satu musibah yang sangat merugikan dan sering terjadi dan potensi kebakaran menjadi permasalahan tersendiri. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyadari bahwa dampak besar yang dapat ditimbulkan apabebakaran terjadi dan penanganannya tidak direncanakan dengan baik sejak dini.

Maryono Hasan Kepala BPBD Kota Tangerang menyatakan, lima tahun terakhir rata-rata respons time tahunan Kota Tangerang selalu tercapai di bawah 15 menit. Terakhir, di tahun 2023, respons time kebakaran BPBD Kota Tangerang 12,37 menit.

Berikut data respon time kebakaran BPBD Kota Tangerang lima tahun terakhir:

Tahun 2019: 14,91 menit

Tahun 2020: 14,10 menit

Tahun 2021: 12,99 menit

Tahun 2022: 14,65 menit

Tahun 2023: 12,37 menit

Maryono Hasan pada  (2/7/2024)  juga menjelaskan, sebenarnya dalam aturan Kemendagri itu 15 menit tapi, Kota Tangerang diangka 12,37 menit. Lima tahun terakhir, respons time kebakaran BPBD Kota Tangerang dibawah rata-rata respons time nasional,   "Penanggulangan kebakaran di lokasi padat penduduk dan sulit terjangkau seringkali mengalami hambatan dan kendala berupa waktu petugas datang ke lokasi kejadian.

"Terlebih, hambatan berupa waktu pemadaman yang panjang, keterlambatan pemadaman di lokasi yang sulit terjangkau akibat kerumunan massa.

“Dengan ini, BPBD Kota Tangerang pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk turut bekerja sama, untuk menjauhi area kebakaran untuk memperlancar proses pemadaman, proses kerja atau mobilitas seluruh petugas selama kejadian terjadi,” imbaunya.

Diketahui, BPBD Kota Tangerang pun pernah meraih Juara I kategori Fire Fighter Respons Time and Phisical Endurance, pada event Fire and Rescue Skill Competition Banten 2023, yang digelar Satpol PP dan Damkar Provinsi Banten, Agustus 2023 lalu.

Sebagai informasi, masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana dan kejadian kegawatdaruratan, BPBD Kota Tangerang memiliki layanan emergency di call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144, "jelas Maryono Hasan.

 

 

Red : Agung Krisbandi team Infonews871 

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !