GP ANSOR LAKUKAN PELATIHAN DASAR TENTANG HUKUM PARALEGAL Di KANTOR DPW KALIMANTAN SELATAN 

 

BANJARMASIN INFONEWS -Gerakan pemuda Ansor Banjarmasin melakukan kegiatan Pelatihan para kuasa hukum pada tanggal 18/06/22 .

 

Banyaknya peserta GP Ansor di tingkat Provinsi yang hari ini dihadiri sekitar jurang lebih 50 orang yang bertitel sebagai SH . yang di khususkan nantinya di jadikan se orang pengacara guna melakukan pembelaan bagi masyarakat dalam setiap kasus, Baik itu di perkotaan maupun di pedesaan nantinya tutur ketua DPW Kalimantan Selatan H. Teddy Suryana pada saat wawancara di kantor sekertariat yang di jalan a.yani.km.9.600. kabupaten Banjar kecamatan Kertak Hanyar .

Menurut H. Teddy Suryana mengatakan pada awak media mengenai dalam perekrutan sebagai anggota GP ANSOR baik itu laki laki maupun perempuan tanpa adanya biaya apapun . 

Dan sekarang jumlah kader GP Ansor Kalimantan Selatan berjumlah kurang lebih sekitar 2 ribuan yang tersebar di 13 kabupaten provinsi Kalimantan Selatan tegasnya .

GP ansor sendiri ungkap ketua DPW Kalsel ada beberapa divisi yang di tempati di antaranya adalah sebagai Banser yang tugasnya adalah penjagaan dan pengawalan di lapangan seperti pengawalan para ulama dan para ustad ustad yang saat ceramah di masjid maupun di tempat lain, Demi menjaga atau mencegah terjadinya kejadian - kejadian yang tidak di inginkan tegasnya lagi pada wawancara .

Dalam penyampaiannya saat di hadapan para calon Legal dari GP Ansor mengatakan bahwa Sanya setiap calon pengacara harus memiliki keberanian dan kejujuran maupun ke ikhlasan dalam menjalankan setiap tugasnya sebagai pendamping pembelaan yang di minta masyarakat itu sendiri .

Dalam hal ini ketua DPW GP ANSOR sendiri sempat menyinggung kejadian yang bersamaan dengan kegiatan Ansor di kantor DPW yakni adanya Demo Masyarakat mengenai penolakan pembongkaran pasar Batuah dengan pihak Pemkot Banjarmasin .

Dengan kejadian tersebut menurut ketua DPW bahwa Sanya pihak para legal atau pengacara dari GP Ansor di minta untuk dapat membantu warga atau masyarakat sekitar pasar Batuah tersebut yang bersengketa dengan Pemkot Banjarmasin .

Dengan adanya kader - kader muda yang khusus akan di jadikan pengacara dari gp Ansor BB itu sendiri .

Ketua DPW GP ANSOR Kalsel menegaskan pada wartawan dalam hal pelatihan kader LBH GP Ansor di Banjarmasin ini akan di berikan pembekalan dan pelajaran dari pengacara Senior yang ada dan juga dapat bekerja sama dengan pihak advokat yang ada di Banjarmasin, Dalam penyampaiannya pada para kader LBH ini H. Teddy menambahkan nantinya Apabila sudah melewati masa pelatihan ini maka di harapkan para calon pengacara ini akan di bekali ilmu pengetahuan tentang Hukum perdata maupun tentang hukum pidana yang tentunya di bimbing dengan para ahli hukum yang kemungkinan akan di datangkan dari Jakarta .

 

Agar dalam setiap menangani kasus atau permasalahan pada masyarakat nantinya sudah tidak bingung dan kaget pada saat pelaksanaan pembelaan kepada warga atau masyarakat yang meminta bantuan hukum . 

 

Ketua DPW GP Ansor yang melalui dari ketua LBH GP Ansor yakni Syaban Husin Mubarak juga sempat mengatakan pada wartawan perihal divisi atau struktur ke organisasian dan tugas tugas itu sendiri menurut ketua LBH GP ANSOR mengatakan di dalam organisasi tersebut ada beberapa bagian atau tufoksi tufoksinya di antaranya adalah LBH GP ANSOR , Banser , Rijalur Ansor dan juga Banar atau di sebut dengan Badan anti narkoba yang dari GP Ansor itu sendiri, Adapun mengenai syarat untuk menjadi Bansor itu sendiri tegas Syaban " tidak ada persyaratan khusus " yang jelas siapa saja yang mau bergabung di GP ANSOR ini kami bersedia tuk menerima dengan yang di utamakan adalah bagi anak - anak muda yang dari putra daerah maupun yang bukan putra daerah ungkapnya .

 

Beliau juga mengatakan dalam kegiatan pengawalan dari Banser itu sendiri bisa juga membantu mengenai Kamtibmas di antaranya adalah menjaga atau melakukan pengamanan kegiatan ke agamaan baik itu dari muslim maupun dari non mulim contohnya hari kebesaran umat Kristen dan menjaga ke amanan di sekitar tempat tempat rumah ibadah, Dengan ketentuan apabila adanya permintaan dari yang nersangkutan . 

 

Dan juga tuturnya terkadang Banser Ansor itu sendiri pernah di minta dari pihak kepolisian guna bekerja sama dalam mengamankan suatu daerah baik itu di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten kota jelasnya .

 

Sementara saat awak media wawancara dengan ketua DPW GP Ansor kalsel mengenai permasalahan warga nantinya apabila adanya permintaan bantuan pendampingan hukum, Maka tegas ketua DPW GP Ansor selalu siap membantu warga demi tegaknya hukum di negara ini dan juga beliau mengatakan bahwa dengan kegiatan pelatihan para kader LBH GP Ansor di Banjarmasin ini adalah salah satu tunas - tunas muda yang mana nantinya akan menggantikan para LBH GP Ansor yang mungkin nantinya ada halangan atau adanya kesibukan dengan kegiatan yang lain, maka kader - kader muda inilah yang akan turun dalam menangani kasus atau permasalahan hukum tutupnya .

 

Red by Ibrahim .

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !