Waaau....! Anggaran Proyek Mini Zoo Di Purworejo Telan Dana 9,4M, Tetapi Fakta Di Lapangan Bangunan Proyek Berkualitas Buruk!

PURWOREJO - INFONEWS TERKINI - Proyek pembangunan Mini Zoo (Kebun Binatang Mini) yang terletak di Jalan Nasional Purworejo-Magelang, Kelurahan Keseneng Kecamatan/Kabupaten Purworejo tidak sesuai spek proyek bangunan pemerintah, pondasi bangunan gampang ambrol dan rapuh. 

IMG-20231127-WA0217.jpg

Proyek pembangunan yang di sinyalir menelan dana sebesar Rp 9.496 085.971,77,- tersebut dinilai tidak layak, 

Seperti saat Tim Gabungan Awak Media  yang ada di wilayah Jateng  melakukan pemantauan secara langsung di lokasi proyek bangunan tersebut. terlihat jelas dalam pantauan awak media, bahwa struktur bangunan tersebut memang tidak layak. Seperti yang ditemukan pada pondasi bangunan tersebut.dan terkesan  gampang ambrol dan sangat rapuh, padahal diketahui sesuai kontrak kerja proyek bangunan tersebut harus sudah selesai akhir Desember 2023. 

IMG-20231127-WA0218.jpg

Team Gabungan Awak media menilai struktur bangunan mini zoo tersebut sangat rawan. Hal itu nantinya sangat berbahaya bagi pengunjung.

jika proyek tersebut tetap dilanjutkan. Senderan yang hanya setinggi itu dan kontur tanah masih labil tanpa slup dan tanpa cakar ayam. 

IMG-20231127-WA0219.jpg

Bahkan menurut informasi yang di dapat baru terkena hujan 2 hari saja  semua retak dan ambrol, bisa kita  bayangkan kalau bangunan tetap dilanjutkan  dan kelak suatu saat bila  banyak pengunjung terjadi longsor maka akibatnya nyawa manusia yang akan  menjadi pertaruhan. 

IMG-20231127-WA0223.jpg

Dalam pantauan  beberapa team infestigasi awak media, ditemukan bahan bakar yang di gunakan untuk proyek tersebut juga tidak sesuai dengan anjuran pemerintah, yaitu mereka menggunakan Bahan bakar bersubsidi jenis solar, perlu diketahui bahwa yang mana seharusnya proyek tersebut wajib menggunakan Dexlite, karena proyek tersebut merupakan proyek bangunan milik pemerintah. 

Diketahui proyek tersebut juga tidak memperhatikan keselamatan bagi para pekerja, dan team media menemukan  fakta di lapangan bahwa  ditemukan seluruh pekerja umumnya tidak ada yang memakai alat  keselamatan kerja, atau alat pelindung diri berupa helm dan rompi safety. Padahal dalam proyek tersebut  sudah jelas terdapat plang bertuliskan *"Utamakan Keselamatan Pekerja"*. Namun kenyataannya keselamatan pekerja diabaikan oleh pihak Pelaksana proyek alias  tidak di perhatikan. 

Kami menilai berbagai pihak perlu dimintai keterangan mengapa proyek tersebut bisa mudah hancur, mulai dari konsultan perencana, pelaksana dan pengawas, kenapa bisa seperti itu.

Kami selaku Tim awak media gabungan Jateng, dan Ketua LSM DPD Jateng, Andi Prasetyo akan segera melayangkan surat dan membuat aduan kepada pihak terkait, Baik Bupati Purworejo, Dinas pemerintah terkait, dan Polda Jateng serta Polres Purworejo, mengenai pembangunan proyek Mini Zoo yang dinilai tidak sesuai spek pemerintah dan RAB. 

 

Editor    :  Wg

Red.       : Madya & team

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !