Tokoh Pemuda Desa Rakitan Ajak Warga Kontrol Sosial Desa, Tuntut Keterbukaan dan Tolak Penyalahgunaan Anggaran!

BANJARNEGARA INFONEWS TERKINI

Kabupaten Banjarnegara akan menjadi daerah yang maju apabila seluruh desa yang berada di wilyah tersebut  para tokoh masyarakatnya di masing-masing desa bisa melukukan tindakan kontrol sosial terhadap desanya.

Contohnya Desa Rakitan, Kecamatan Madukara, pada hari Sabtu 27 April 2024 warga masyarakat mengadakan rapat bersama, untuk membahas mengenai pembangunan untuk kedepan lebih maju. 

Sebagai moderator yang mengatur berjalanya musyawarah yaitu tokoh pemuda Desa Rakitan yakni Suwandi. Beliau sebagai penggerak pemuda dan mengajak kepada seluruh warga yang hadir dalam acara rapat untuk ikut serta mengontrol desanya, baik dari sisi pembangunan fisik infrastruktur maupun dari bantuan sosial masyarakat berupa PKH dan sebagainya. 

Suwandi juga menambahkan tidak perlu takut dalam menginvestigasi oknum desa yang sekiranya dalam menjalankan kegiatannya ada dugaan tidak sesuai dengan spesifikasinya dan tidak transparan.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri Nisran Kepala Desa Rakitan serta hadir pula  anggota BPD dan juga perwakilan dari masing masing RT dan RW.

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk rapat terbuka seluruh warga Desa Rakitan, maka seluruh usulan warga yang merasa belum puas dengan kebijakan pemerintahan desa  yang diduga kurang transparan.

Untuk itu warga masyarakat akan merapat secara kekeluargaan kekantor Desa Rakitan untuk mengadakan musyawarah dengan para pemangku kebijakan wilayah Desa Rakitan 

Diakhir acara rapat warga Rakitan juga akan menuntut kepada oknum pemerintahanya, apabila ada pelanggaran kebijakan  dan menyalahgunakan anggaran proyek yang tidak sesuai dengan RAB dan spec serta apabila ada dugaan pelanggaran yang bersifat merugikan warga masyarakat terkait pembangunan yang memakan biaya berasal dari anggaran pemerintah maka tidak segan akan memproses secara birokrasi hukum, "tegas Suwandi.

 

Red : Madya (Dewi  R)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !