Terlihat Sepi Penumpang, Diduga Terminal Purworejo Digunakan Sebagai Pool Bus AKAP Tertentu

PURWOREJO, INFONEWS -

Terminal adalah salah satu komponen dari sistem transportasi yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang hingga sampai ke tujuan akhir suatu perjalanan.

Terminal juga sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian sistem arus angkutan penumpang umum dan barang. Disamping itu juga, terminal berfungsi untuk melancarkan arus angkutan penumpang, namun lain halnya dengan terminal Purworejo yang selalu terlihat sepi penumpang.

Sesuai pantauan awak media (26/7/23) memang pada kenyataannya hampir rata-rata para pengguna jasa angkutan umum di wilayah Purworejo enggan menunggu armada angkutan umum yang mereka pergunakan untuk melakukan perjalanan, juga terlihat jarang sekali masuk ke dalam terminal.

Hampir setiap hari banyak armada angkutan bus baik AKAP maupun AKDP bahkan angkutan kota lainnya  memiliki kebiasaan menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal.

Para petugas yang melaksanakan tugas jaga terminal dari Kementerian Perhubungan di terminal Purworejo seolah-olah melakukan pembiaran terhadap para angkutan umum, baik AKAP AKDP dan angkutan kota melintas tanpa masuk kedalam terminal. Diduga tanpa adanya penertiban terhadap pangkalan dan menunggu bus bayangan di luar terminal sehingga terminal ini sepi pengunjung.

Diharapkan pihak terkait khususnya Kementerian Perhubungan, petugas jaga terminal Purworejo, melakukan penertiban bagi bus-bus AKAP maupun AKDP dan angkutan umum lainnya yang membandel menaikan dan menurunkan penumpang diluar terminal serta agar dapat menertibkan bagi angkutan umum wajib masuk terminal tanpa kecuali.

Terlebih terlihat didalam terminal selalu saja di dominasi dengan banyaknya bus AKAP tertentu yang parkir, seolah-olah terminal ini menjadi Pool PO tersebut.

Padahal PO tersebut adalah PO besar dan mengapa tidak memiliki Pool khusus untuk parkir bus-busnya di luar terminal.  

Hampir rata-rata pengelola yang bergerak dalam bidang jasa penjualan tiket di terminal Purworejo maupun kios di dalam terminal  mengeluhkan kondisi terminal Purworejo yang sepi. Serta terkesan seperti terminal  pool bus tertentu dan tidak adanya penertiban angkutan umum yang melintas untuk wajib masuk terminal, serta berharap agar para petugas terminal khususnya Kementrian Perhubungan yang bertugas menertibkan.

 

Red : M Jana Innews

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !