Memperingati HPN Penasehat IWOI Sleman Saatnya Jurnalis Jadi Entrepreneur

SLEMAN - INFONEWS TERKINI - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online Indonesia Kabupaten Sleman , Memperingati Hari Pers Nasional ke-29  (1985-2024)  mengelar acara Doa dan Sharing bersama para Tokoh , Akademisi dan Praktisi multi disiplin Ilmu, bertempat di Sekretariat DPD IWOI Sleman, jalan Tunjung Baru, B8- Baciro,Kota Yogyakarta, Jumat (9/2/2024).

20240210_063943.jpg

Hadir dalam kegiatan tersebut ,Peneliti dari BRIN , Dr.Agustinus Darto Handoko.,Tazbir Abdulah,SH., M.H, Mantan Kepada Badan Pariwisata DIY, dan mantan Direktur Pemasaran dan Promosi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.,dan Perwakilan FKKI DIY.Dr.Haryadi Baskoro., Penasehat bpk.Pulung., Ketua RT, bp. Darminto ,SE.,M.Si., Serta Seluruh Pengurus DPD IWOI Kabupaten Sleman., moderator Suarno, dan Doa oleh Suharmanto, ketua 2 IWOI Sleman.

Ketua DPD IWOI Sleman, Yupiter Ome mengawali pertemuan dengan menyampaikan sekilas tentang Sejarah Hari Pers Nasional , berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 5 tahun 1985 ,oleh Presiden Soeharto, tanggal 23 Januari 1985, selanjutnya pada tanggal 9 februari 1985 , dilaksanakan peringatan Hari Pers Nasional yang pertama, di Surakarta, hal ini berlaku sampai saat ini , Tanggal 9 Februari  2024 merupakan  Peringatan Hari Pers  Nasional ke-29, dan juga sekaligus Peringatan HUT Ke-6, Ikatan Wartawan Online Indonesia,yang dilaksanakan secara mandiri disetiap Wilayah DPW-DPD.

20240210_064048.jpg

Agustinus Darto Harnoko, Peneliti dari Pusat Riset masyarakat dan Budaya,  Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan humaniora, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam sharingnya menawarkan kerjasama komprehenshif antara DPD IWOI Sleman dan BRIN , dimana anggota IWOI Sleman secara perorangan atau organisasi dapat  melakukan penelitian tematik yang original,  yang bisa difasilitasi oleh BRIN ,sebagai bagian dari peran media online dalam rangka membangkitkan kesadaran nasional dan kepedulian sosial jurnalis.

Dr.Haryadi Baskoro ,Penasehat IWOI Sleman dan Perwakilan FKKI DIY, menanggapi positif kesempatan ini,  agar  IWOI Sleman  bekerjasama dalam bentuk Riset Kolaboratif bersama BRIN dalam mempublikasikan hasil Riset -Riset yang sudah di lakukan oleh para Peneliti BRIN, baik secara Institusi maupun perorangan,  termasuk salah satunya adalah Publikasi hasil Risat yang sudah dibuat dalam bentuk Buku karya Agustinus Darto Handoko.

Sementara itu, Tazbir Abdullah, Mantan Direktur Promosi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, menuturkan Pilar Utama Yogyakarta adalah Pariwisata, Pendidikan dan Budaya. Pariwisata merupakan sektor andalan kita,  jadi Pariwisata menjadi bagian yang sangat penting di Yogyakarta, maka untuk memajukan pariwisata perlu media untuk mempublikasikan informasi yang positif kepada wisatawan.ujar Tazbir.

Dengan kemajuan teknologi informasi setiap orang dengan bebas memposting  apa saja yang ditemukan secara Real time , sehingga semua stakeholder terkait dalam Industri Pariwisata termasuk tukang parkir perlu berkolaborasi menjaga  kenyamanan wisatawan.

Terkait masalah tarif Parkir beberapa waktu lalu yang sempat viral ,yang dilajukan olek oknum  petugas parkir mematok harga diatas tarif resmi (Memalak Wisatawan)  yang sedang berwisata di Yogyakarta, hal ini sangat merugikan Pemerintah, Industri Pariwisata yogyakarta secara keseluruhan. Kita berharap kepada Pemerintah melalui Tim cyber pungli dan Inspektorat Pemda DIY dan bpk.Gubernur DIY agar kawasan inti (sumbu filosofi) Yogyakarta terbebas dari praktek -praktek pemalakan oknum tukang parkir. Saya berharap teman-teman IWOI  membantu Pemerintah dalam hal pengawasan,  menyampaikan kritik dan saran untuk kami introspeksi.Tutur Mantan Kepala Badan Pariwisata DIY.

Penasehat IWOI Sleman, Pulung SH, mengusulkan untuk membuat website IWOI Sleman ,sebagai teras depan organisasi dan peluang bussines, sehingga publik dapat mengakses apa saja yang sudah dilakukan oleh IWOI. Senada dengan hal tersebut ,Haryadi Baskoro, menambahkan IWOI Sleman, dapat membangun  kompetensi dibidang Entrepreneur Jurnalis, bekerjasama berbagai Pihak. pungkasnya.

 

Editor.      :. @Wg

Red.          :  Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !