Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar, Temui Aktivis Juang Jogja.

YOGYAKARTA - INFONEWS TERKINI -Bakal calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar, menemui 150 aktivis Yogyakarta sekaligus menggelar acara bertajuk Temu Juang Aktivis Jogja untuk AMIN pada hari Rabu 11 Oktober 2023." Kegiatan ini diselenggarakan di UC Universitas Gadjah Mada ( UGM ) dan Boulevard UGM Bulaksumur, Yogyakarta acara tersebut juga diselenggarakan di dua tempat Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta para aktivis pejuang demokrasi memulai perjuangannya sebagai aktivis UGM." Kedua tempat itu, biasa digunakan para aktivis menyuarakan aspirasi perjuangan.

20231011_213229.pngDanuri, Ketua Persatuan Nasional Aktivis Demokrasi Wilayah Yogyakarta, penyelenggara kegiatan ini, mengatakan beberapa aktivis Yogyakarta seperti Faisol Riza, Mugiyanto, Jakobus Eko Kurniawan, dan lain-lain akan hadir. Rencananya, kegiatan diisi dengan pembacaan deklarasi dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Para aktivis Yogyakarta memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar karena sesama aktivis dalam memperjuangkan demokrasi di era Orde Baru. Anies Baswedan, saat menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM, pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM. Sementara itu, Muhaimin Iskandar, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM, pernah menjadi Ketua Cabang Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Yogyakarta. 

20231011_213042.png

Menurut Danuri, dukungan para aktivis Yogyakarta untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan alasan mereka berdua adalah aktivis, "Pejuang yang bersama-sama kami ikut berkeringat dan berkelahi di jalanan untuk memperjuangkan tatanan politik baru yang demokratis di Indonesia."

Lebih lanjut Danuri mengatakan tanpa adanya gerakan perlawanan dari generasi aktivis - pejuang demokrasi tahun 80-an sampai 90-an, di mana Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar terlibat aktif di dalamnya, tak mungkin rasanya kita bisa menikmati keterbukaan dan demokrasi hari ini.

Sementara Jakobus Eko Kurniawan, yang merupakan perwakilan Persatuan Nasional Aktivis Demokrasi dari Jakarta, mengatakan bahwa "AMIN adalah bagian tak terpisahkan dari dunia aktivisme, yang berakar dan tumbuh bersama gerakan rakyat," kata Jakobus Eko Kurniawan.

Deklarasi yang dibacakan pada saat acara merupakan panggilan sejarah untuk segenap komponen bangsa dan wake-up call untuk generasi milenial dan Z untuk memenangkan AMIN 2024 pungkasnyapungkasnya.

 

Editor :Wg

Red     :Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !