Yonif 403/WP Gelar Tes Kesegaran Jasmani Semester II di Lapangan Sapta Marga

1726809380628.jpg

Sleman-infonews871.com–

Batalyon Infanteri (Yonif) 403/Wirasada Pratista (WP) menggelar tes kesegaran jasmani periodik semester II di Lapangan Sapta Marga, Yonif 403/WP pada Jumat (20/9). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengukur kemampuan fisik prajurit Yonif 403/WP.

Kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan tensi darah untuk memastikan kondisi fisik prajurit sebelum menjalani tes. Setelah itu, seluruh peserta melakukan senam pemanasan untuk menghindari cedera atau hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan tes.

Tes kesegaran jasmani diawali dengan "Garjas A", yaitu lari dengan batas waktu 12 menit. Selanjutnya, para prajurit mengikuti rangkaian **Garjas B** yang meliputi pull up, sit up, push up, shuttle run, dan penimbangan berat badan. Tes diakhiri dengan uji kemampuan renang.

Pajas Yonif 403/WP, Letnan Dua Infanteri Sukamto, yang memantau langsung pelaksanaan tes tersebut menyampaikan bahwa setiap prajurit wajib mengikuti seluruh rangkaian tes untuk mengukur kemampuan fisik individu yang hasilnya akan dicantumkan dalam daftar nilai. 

“Latihan dan pembinaan fisik yang dilakukan secara teratur dan berkala akan membantu prajurit untuk menjaga dan meningkatkan stamina fisik. Dengan demikian, mereka akan siap kapan pun diperlukan untuk melaksanakan tes garjas tanpa keraguan,” ujar Letda Inf Sukamto menutup pernyataannya. 

Tes kesegaran jasmani ini rutin dilaksanakan sebagai bagian dari program pembinaan fisik prajurit, dengan tujuan untuk memastikan kesiapan fisik prajurit dalam menghadapi tugas-tugas di lapangan.(Herman)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !