Unik dan Langka, Desa Wonosari Meriahkan HUT RI ke 78 Dengan Mengadakan Lomba Kotekan Lesung

KEBUMEN INFONEWS -

IMG-20230819-WA0046.jpg

 

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 78 Desa Wonosari mengadakan lomba tingkat wilayah Dusun yaitu,

Lomba yang sangat unik diantaranya  Kotekan Lesung di Embung Stinggil Desa Wonosari.

Memang  lomba tersebut sangat langka diadakan oleh warga lainnya, lomba ini adalah salah satu tradisi adat bagi para petani.

Maka dari itu dengan diadakannya lomba kotekan lesung ini juga salah satu bentuk untuk dapat melestarikan adat budaya desa khususnya bagi petani.

Selain dari lomba tersebut pihak Pemdes Wonosari juga laksanakan lomba hias gazebo yang ada di wilayahnya, dan kegiatan lomba dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2023, hingga selesai.

Perlombaan Gazebo Embung Stinggil dan Kotekan Lesung  yang telah ditentukan oleh panitia HUT RI ke 78 tingkat Desa Wonosari beberapa hari yang lalu kini telah sampai pada tahap penilaian lomba di lokasi Embung Stingil Desa Wonosari, 

Penilaian tersebut diberikan langsung oleh mahasiswa KKN, UMNU dan IAINU Kebumen yang dibagi menjadi beberapa kelompok / tim, juri untuk menilai dengan cara seobjektif mungkin tanpa ada interfensi dari pihak manapun.

Mualifin Kepala Desa Wonosari, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, saat di konfirmasi awak media mengatakan,"Kotekan lesung ini sendiri merupakan kesnian yang dimainkan cara dipukul menggunakan tongkat kayu. Kotekan lesung sudah menjadi tradisi warisan Nenek amoyang yang dilestarikan di Desa Wonosari. 

"Dengan adanya Lomba gasebo dan kotekan lesung tersebut diharapkan mampu memberikan fasilitas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Embung Stinggil,"ucapnya.

Dengan demikian maka ahirnya bisa memajukan obyek wisata Embung Stinggil dan bisa menjadi sumber PAD Desa  Wonosari, terlebih dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat Desa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Wonosari yang telah ikut serta memeriahkan HUT RI 78 ini penuh dengan semangat dan tertib. Begitu juga terima kasih kepada tokoh masyarakat atas dukungannya serta terima kasih juga kepada Ibu-ibu PKK Desa Wonosari dan para mahasiswa UMNU dan IAINU Kebumen yang telah turut peran aktif dalam acara ini,"jelas Mualifin.

Disisi lain Sularto, Sekdes Wonosari kepada media menjelaskan,"Acara lomba kotekan lesung dan hias gazebo ini dilaksanakan guna menyambut dan merayakan HUT RI yang ke 78. mudah-mudahan warga masyarakat desa dapat selalu melerlstarikan budaya kesenian daerah, selain lomba itu banyak juga di adakan lomba-lomba  lainnya, sehingga perayaan dan kemeriahan HUT RI 78 ini meriah,"kata sularto.

 

Red : Agung Putra Madya

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !