Rumah Ludes Terbakar Saat Ditinggal Pergi Ke Warung

WONOGIRI - NFONEWS TERKINI - Petugas pemadam kebakaran (Damkar ) Kabupaten Wonogiri, berupaya secara maksimal dalam musibah kebakaran rumah di Dusun Cobor, Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri Jawa tengah.

IMG-20231002-WA0023.jpg

Kebakaran rumah diduga akibat kelalaian dari pemilik rumah yang lupa mematikan api yang berada ditungku dapur setelah memasak, dan berakibat fatal, lalu  api kemudian membesar dan melalap ludes rumah milik Irmawanto beserta seluruh isi dan harta benda miliknya.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun seluruh barang seisi rumah tidak ada yang dapat diselamatkan.sesuai informasi yang didapat rumah yang terbakar adalah rumah milik Irmawanto. kejadian  tersebut, berlangsung pagi hari  Minggu  (1/10/2022) di Dusun Cobor RT 1/RW I, Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

 Musibah ini diawali saat Ny Suhartini (istri Irmawanto) memasak di dapur, menggunakan tungku tradisional berbahan bakar kayu kemudian disaat Ny.Suhartini pergi ke warung untuk membeli bumbu masakannya,.

Tanpa disadari api tungku merembet membakar stok timbunan kayu bakar yang ada di dekatnya, Api makin berkobar membakar rumah dapur, kemudian meluas membakar rumah induk beserta seluruh isi harta benda yang tersimpan di dalam rumah tersebut.

Tetangga yang mengetahuinya, tidak dapat berbuat banyak untuk melakukan pemadaman, karena di lokasi tidak tersedianya air bahkan pada saat kejadian tiupan angin  yang memicu kobaran api menjadi sulit dikendalikan.

Joko Santosa,Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTS) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri,  menyatakan,bahwa  pihaknya mendapatkan kontak permohonan bantuan pemadaman pada Pukul 09.45.

”Begitu mendapatkan kontak permohonan bantuan pemadaman, kami langsung mengirimkan Tim Damkar Regu II Pimpinan Danru (Komandan Regu) Tri Budi Santosa meluncur ke lokasi,” dan Tim yang beranggotakan 6 personel langsung meluncur menuju lokasi dengan membawa  dua unit mobil brandweer."jelas Joko Santosa".

Dikarenakan jaraknya relatif jauh, sekitar 30 Kiloan meter dari arah timur  Kabupaten Wonogiri, team Damkar Pemkab Wonogiri tiba di lokasi pada Pukul 10.25 dan langsung melakukan pemadamanan sampai Pukul 11.45. Pemadaman dilakukan dengan mendapatkan bantuan dari personel Polsek dan Koramil Jatisrono bersama perangkat desa dan masyarakat.

Kebakaran rumah Irmawanto kali ini, menjadi kasus kedua kebakaran rumah yang dipicu oleh api tungku. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Rabu (27/9) lalu, gara-gara api tungku yang berkobar telah meludeskan rumah dapur milik Budiyono di Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kasus kebakaran ketigakalinya dalam kurun waktu 5 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Menyusul setelah sebelumnya, Kamis petang (28/9) lalu, terjadi kebakaran besar yang meluluh lantakkan Pasar Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Selama 9 bulan terakhir ini, Damkar Pemkab Wonogiri setidak-nya telah memberikan pertolongan pemadaman kebakaran sebanyak 95 kali. 

”Kami mengimbau masyarakat untuk tidak sembrono dalam memperlakukan atau menggunakan  api. Banyak kebakaran yang dipicu oleh sikap sembrono dari warga masyarakat,” ujar Kepala UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa.

Editor : Wg

Red     : Madya/Pur dan team

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !