Purwa Wiyata Pawiyatan Panatacara Tuwin Pamedhar Sabda Bregada XX ( 20 ) Permadani DPD Kabupaten Kebumen Resmi Dibuka

IMG-20231101-WA0048.jpg

KEBUMEN INFONEWS -

Kebumen. Melestarikan budaya bangsa adalah merupakan kewajiban setiap warga negara tanpa terkecuali mengingat banyaknya budaya yang berada di Indonesia yang merupakan peninggalan para pendahulu bangsa ini, dan keberagaman budaya adalah cermin kepribadian sebuah bangsa.

Permadani ( Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia ) adalah salah satu wadah berkumpulnya para pecinta dan pelestari budaya khususnya budaya Jawa yang merupakan peninggalan para leluhur yang harus senantiasa dilestarikan agar budaya tersebut tidak punah tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan digitalisasi.

Dalam rangka melanjutkan kegiatannya, Permadani DPD Kabupaten Kebumen setelah mewisuda siswa Permadani bregada ( angkatan ) IX, Minggu, 29 Oktober 2023, selanjutnya membuka program pembelajaran untuk angkatan selanjutnya bregada ( angkatan ) XX pada hari Selasa, 31 Oktober 2023 di Padepokan Pete Sewu Desa Kalibening Kecamatan Karanggayam - Kebumen.

Hadir dalam acara Pembukaan pawiyatan tersebut Camat Karanggayam , Pengurus paguyuban Pete Sewu Karanggayam, Ketua DPD Permadani , para pengurus Permadani beserta para calon siswa pawiyatan panatacara dan pamedharsabda bragada ( angkathan ) XX dan masyarakat sekitar padepokan Pete Sewu.

Sarman selaku wakil dari pengurus paguyuban Pete Sewu dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh jajaran pengurus Permadani DPD Kebumen yang bersedia berkoordunasi dan memutuskan lokasi pawiyatan Permadani berada diwilayah Karanggayam, sehingga masyarakat Karanggayam berkesempatan menimba ilmu tentang panatacara dan pamedharsabda sesuai pakem ( aturan ) jawa yang merupakan penibggalan para leluhur," tuturnya.

Lebih lanjut Sarman juga mengajak kepada seluruh masyarakat Karanggayam agar bersama sama melestarikan budaya jawa. " Kita ini hanya memelihara saja, tanpa harus repot repot membuat budaya ini. Lha wong diajak memelihara saja kok enggan. Kalau bukan kita sebagai penerus bangsa ini, lalu siapa yang akan melestarikan budaya yang adiluhung ini,"ujarnya.

Ismangun Spd.Mpd selaku wakil ketua DPD Permadani Kabupaten Kebumen dalam sambutannya menyampaikan bahwa Permadani adalah sebuah lembaga yang mempunyai visi dan misi pelestarian budaya,  yang keberadaannya di Kabupaten Kebumen sudah berusia 37 tahun dengan jumlah warga Permadani sekira 950 anggota yang kesemuanya adalah penggiat seni dan budaya, maka dengan adanya pawiyatan di wilayah kecamatan Karanggayam diharapkan akan semakin berkembangnya kebudayaan yang menitik beratkan pada unggah ungguh atau sopan santun serta budi pekerti yang luhur sebagaimana dicontohkan oleh para pendahulu kita, ungkapnya.

Drs. Wahib Tamam M,si selaku Camat Karanggayam dalam sambutannya berharap lebih banyak lagi masyarakat Karanggayam yang mau mempelajari dan melestarikan budaya Jawa, terutama para perangkat desa yang kesehariannya bekerja melayani masyarakat, dan juga dituwakan didalam kehidupan sehari hari didalam kehidupan bermasyarakat, yang selanjutnya Drs Wahib Tamam M,si berkenan membuka Pawiyatan Permadani bregada XX.

Acara pembukaan pawiyatan panatacara tuwin pamedhar sabda Permadani bregada XX ditutup dengan acara " pradana wiyata " atau kuliah perdana yang disampaikan oleh ketua DPD Permadani kabupaten Kebumen Drs Kusmanto Brojonagoro Spd dengan materi latar belakang dan visi misi Permadani.

Red : Madya.(pursan)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !