Ketahanan Pangan Pos Gunung Anggas Datgas Pamtas RI Malaysia Yon Armed 16/ TK Hampir Panen

SANGGAU - INFONEWS TERKINI - Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional, Dansatgas Pamtas RI-MLY Yon Armed 16 TK  Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem, M.I.P, M.Han memerintahkan Jajarannya  untuk membuat  pertanian Holtikultural dan Perikanan sebagai salah satu program teritorial dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan masyarakat diwilayah perbatasan sektor barat Kalimantan barat. (1/11/2023)

20231101_105805.png

Untuk memastikan kelangsungan pelaksanaan pertanian Holtikultural dan Perikanan tersebut, Danpos Gunung Anggas Dpp Serka Agung Sunadi beserta anggotanya untuk mengembangkan  atau membuka lahan pertanian Adapun Tanaman yang ditanam berupa palawija sperti jagung, umbi-umbian seperti ubi rambat dan singkong serta tanaman sayur-sayuran sedangkan perikanan yang di garap adalah ikan nila dan ikan lele.

Kegiatan ketahanan pangan pos Gunung Anggas diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dan kelompok tani di wilayah pos untuk lebih membuka wawasan tentang cara bercocok tanam modern yang tentunya dapat lebih produktif dalam meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayahnya. Rata-rata  di wilayah perbatasan masih mengandalkan hasil perkebunan seperti kelapa sawit serta sistem tanam yang masih tradisional/ sistem tadah hujan dan dengan membuka lahan dengan membakar hutan.

Dalam penyampaian Danpos di  lapangan tersebut, diketahui bahwa terdapat beberapa wilayah daerah yang berpotensi untuk mengembangkan pertanian dan perikanan, serta potensi pengembangan agrowisata dengan tingginya populasi berbagai jenis ikan yang hidup di saluran irigasi maupun sungai.

Dalam kesempatan tersebut, Danpos juga menyampaikan bahwa program unggulan Pamtas RI Malaysia Yon Armed 16 TK turut mendorong adanya pemanfaatan lahan kosong  untuk mengimplementasi ketahanan pangan dimasyarakat perbatasan.

Untuk ketahanan pangan, ke depannya diharapkan sinergi dan kolaborasi kelompok kelompok tani setempat dengan Pamtas  terkait dalam pengembangan Pertanian Holtikultural dan Perikanan  agar dapat terus dikembangkan dan ditindaklanjuti dengan rencana aksi yang nyata dalam membantu masyarakat perbatasan di bidang pertanian dan perikanan. Ujar Danpos Gunung Anggas  Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 16 TK

 

 

Editor   :  Wg

Red      :   Jhon82

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 16/TK

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !