Pos Siding Pamtas RI-Mly Yon Amed 16/TK Melaksanakan Imunisasi Japanese Encephalitis

BENGKAYANG,INFONEWS871 TERKINI - Guna menangkal suatu penyakit infeksi peradangan otak akibat virus JE yang ditularkan oleh nyamuk Satgas pamtas RI Malaysia Yon Armed 16 TK Serda Sumito dan 3 orang anggotanya laksanakan pendampingan kepada tenaga kesehatan untuk memberikan vaksin yang bertempat di SMPN 1 Siding  Desa Semparuk, Kec. Siding. Kab. Bengkayang, Rabu kemarin (27-09)

20230929_083503.png20230929_83654.png

Pemberian Imunisasi Japanese Encephalitis ( JE ) sebanyak 234 dari siswa dan siswi oleh Puskesmas Siding.Pelaksanaan vaksin ini untuk bertujuan menangkal suatu penyakit infeksi peradangan otak akibat virus JE yang ditularkan oleh nyamuk dan Imunisasi ini diberikan kepada anak usia 9 bulan s/d 15 tahun, ungkap Sumito. 

"Imunisasi Japanese Encephalitis merupakan langkah awal dalam rangka mendukung pelaksanaan pemberian imunisasi JE se Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2023. Imunisasi akan diawali dengan pemberian imunisasi tambahan secara massal pada anak umur 9 bulan sampai dengan sebelum 15 tahun, yang selanjutnya selama 2 bulan pelaksanaan imunisasi tambahan tersebut, akan dilanjutkan dengan pemberian imunisasi JE sebagai imunisasi rutin bagi setiap anak usia 10 bulan", jelas Serda Sumito. 

Sebagai informasi, "Japanese Encephalitis merupakan virus dari gigitan nyamuk Culex yang terinfeksi virus JE hingga menyebabkan penyakit radang otak"

Nyamuk Culex sifatnya antropofilik, hewan yang tidak hanya menghisap darah binatang saja tetapi juga menghisap darah manusia, karena itu penularan JE dari hewan kepada manusia pun bisa terjadi.Oleh karena itu telah ditetapkan bahwa manusia bukanlah sumber utama penyakit tersebut, pungkas Serda Sumito.

Red : Jhon82

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 16/TK

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !