Pemkot Tangerang Tekan Komitmen Kolaborasi bersama APEKSI dan Clean Air Asia Guna Tekan Polusi Udara di Kota Tangerang,

TANGERANG,BANTEN INFONEWS871 TERKINI - Dalam Rangka menindaklanjuti pertemuan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Clean Air Asia pada 1 September 2023 lalu,

20230923_191526.png

Pemerintah Kota Tangerang,APEKSI, dan Clean Air Asia mengadakan penandatanganan kerjasama komitmen serta  kolaborasi dalam menekan polusi di wilayah  Kota Tangerang.Acara kegiatan tersebut berlangsung dan  dilaksanakan di Hotel Novotel, Jumat (22/09/23).

Herman Suwarman Sekretaris Daerah Kota Tangerang,kepada media  mengatakan bahwa penandatanganan kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk dan komitmen Pemerintah Kota  Tangerang dalam menekan polusi di wilayah  Kota Tangerang. 

Pada sebelumnya, berbagai program telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang acara tersebut diantaranya  adalah pemaksimalan transportasi umum,uji emisi kendaraan,hingga pengawasan industri.dan lainnya yang di prediksi berkaitan dengan polusi 

"Dengan rencana action plan ini adalah  merupakan langkah langkah nyata yang dapat konkret dilaksanakan dan dapat menjadi pilot project bagi kota-kota lain di Provinsi Banten.

"Ke depannya, nanti akan ada program-program yang akan dibuat bersama dengan Clean Air Asia dan juga didorong oleh APEKSI," ungkapnya.

Alwis Rustam Direktur Eksekutif APEKSI, saat di konfirmasi menuturkan "Selain Kota Bogor dan Kota Palembang, pemilihan Kota Tangerang dalam komitmen kolaborasi penekanan polusi karena peran aktif Kota Tangerang dalam berbagai kegiatan APEKSI.

"Dan  tahap selanjutnya, dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang akan mengumpulkan seluruh stake holder untuk menggali dan merencanakan program sesuai kajian akademik.

"Stake holder ini nanti bukan hanya dinas-dinas saja. Melainkan seluruh pihak baik akademisi,dari pengusaha dan juga industri,hingga penggiat lingkungan. Nanti, perencanaannya akan disesuakan juga dengan kajian akademik dan program-program yang akan disiapkan," tuturnya.

Sementara itu, Program Manager Clean Air Asia,Dang Espita-Casanova juga memaparkan bahwa program penekanan polusi bukan saja tugas dari Pemerintah Kota Tangerang. namun  seluruh masyarakat juga harus terlibat dalam penekanan polusi di Kota Tangerang.

"Tanggung awab dalam pengurangan polusi ini memang bukan hanya di wilayah  Pemkot Tangerang saja.Maka dari itu,Dalam hal ini kami melakukan pendekatan multi-stake holder untuk meningkatkan action plan dan mengidentifikasi solusinya,karena solusi-solusi seperti ini bisa didapatkan mulai dari individu,tingkat kota,hingga tingkat nasional," tutupnya.

Rep :  Bambang N (Sin)

Red :  Madya (Wil Banten)

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !