LSM Harimau DPC Banjarnegara PAC Pagedongan Berkolaborasi Giat Perayaan Merdi Desa Kebutuhduwur Pagedongan

1721977346944.jpg

BANJARNEGARA INFONEWS TERKINI -

LSM Harimau DPC Banjarnegara  PAC Pagedongan bersama Pemdes Kebutuhduwur dan masyarakat serta para tokoh baik pemuda maupun antar lembaga laksanakan perayaan merdi desa, acara tersebut dilaksanakan mulai Kamis (25/7/2024) hingga (28/7/2024).

Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan dengan beberapa hiburan pentas seni diantaranya kesenian Ebeg (kuda kepang) dan kesenian Dolalak. Kegiatan pembukaan acara dengan menampilkan kesenian ebeg.dan selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan selamatan. 

Wakil ketua Event Nur Susanto Dari LSM Harimau DPC Banjarnegara saat di temui dilokasi acara kepada wartawan mengatakan "Alhamdulillah di hari ini  adalah hari pertama untuk festival ebeg  di  Desa kebutuh duwur dan ini agar mengangkat budaya di Banjarnegara.

"Dengan mengadakan festival ebeg nanti yang  akan berlangsung selama  4 hari dan  semoga dengan Gebyar budaya yang dilaksanakan di hari ini  warga setempat bisa menikmati dan bisa nguri-uri budaya " karena ini adalah bagian dari kekayaan negara kita.

Kegiatan event ini di laksanakan dalam rangka Pengalangan dana sedekah bumi  "Yang mana nanti hasil dari kita sewa lapak dan parkiran nanti semuanya akan kita kontribusikan untuk panitia. 

Peserta pentas seni atau festival ini dari beberapa Kecamatan di Banjarnegara dan  untuk acara Puncak itu di tanggal (28/7/2024) mulai pukul 03.00 sore  dan selanjutnya  kita adakan pembekalan kepada beberapa  ormas baik Pemuda Pancasila ,LSM harimau,PSHT Banser, karang taruna dan lain lainnya.

dan sebelum acara pembekalan dan acara  Kebutuhduwur bersholawat  kita adakan kirab budaya, "Jelas Nur Susanto.

Kepala desa Kebutuhduwur melalui sekertaris desa  Sidik Suyitno kepada wartawan mengatakan pelaksanaan  acara ini memang dalam penggalangan dana  dilaksanakan oleh LSM  harimau PAC Pagedongan dan dana tersebut nantinya  untuk membantu anggaran  pelaksanaan sedekah bumi atau Merdi desa di desa Kebutuhduwur.

Kegiatan puncak acara sedekah bumi akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal ( 28/7/2024) Minggu malam Senin dengan mendatangkan penceramah  kyai dari Jawa Timur  

Sidik Suyitno juga menjelaskan bahwa acara puncak nanti pada Minggu (28/7/2024) akan diadakan ada ziarah kubur berikutnya setelah belajar kubur habis zuhur dan kirab serta selamatan di balai desa selanjutnya malam harinya  di lapangan Kutasari  akan diadakan pembekalan untuk ormas-dan lembaga serta pemuda yang ada Kebutuhduwur  Pagedongan.

Sidik Suyitno juga menambahkan  "kami dari pemerintah Desa Kebutuhduwur dengan  terselenggaranya kegiatan ini dapat menyatukan  rasa persaudaraan persatuan dan rasa memiliki dan acara ini juga menunjukkan bahwa desa Kebutuhduwur mempunyai adat yang  dan kerukunannya  karena betul  betul mempunyai persatuan dan kesatuan yang perlu kita contoh  dan kita berikan contoh kepada masyarakat lainnya, "pungkas Sidik Suyitno.

 

Red : Madya & Dewi Ratih

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !