Ketua LP2KP Jateng Akan Laporkan Oknum Pejabat ke APH yang Bermain Curang di Pengadaan Tangki Septic Tank di Purworejo

PURWOREJO INFONEWS -

Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP) Jawa Tengah, Sumakmun, menyoroti persoalan permasalahan pengadaan tangki septic tank yang diduga tidak memenuhi persyaratan baik  kualifikasi maupun dokumen yang telah dipersyaratkan. 

Sumakmun saat di temui media (25/7)2023) menegaskan bahwa akan melaporkan masalah ini ke aparat kepolisian, Polres  Purworejo.dan agar segera dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan proses dilakukan sesuai prosedur sehingga tidak merugikan masyarakat dan negara.

Pernyataan sikap dari Sumakmun, berdasarkan dari ramainya pemberitaan di media terkait pengadaan tangki septik di Kabupaten Purworejo yang diduga tidak memenuhi spesifikasi dokumen, yakni copy sertifikat KLHK yang diganti dengan surat ketetangan sedang mengurus perpanjangan sertifikat lantaran sertifikat KLHK yang dimiliki perusahaan telah habis masa berlakunya.

“Saya telah membaca surat KLHK nomor S.996/Setjen/SLK/STD.2/10/2019 tertanggal 7 Oktober Tahun 2019. Dalam surat itu jelas bahwa masa berlaku surat tersebut telah habis masa berlakunya pada tahun 2022,” tegas Sumakmun Rabu (26/08/2022).

Sumakmun juga menambahkan dirinya  telah membaca surat keterangan sedang mengurus perpanjangan, yakni surat dengan nomor S.161/PUSFATSER/FRSILHK/SET.1/6/2023 hal Permohonan Klaim Teknologi Ramah Lingkungan tertanggal 5 Juni 2023.

“Dalam surat itu tidak ada satu kalimatpun yang menyebutkan bahwa surat keterangan itu dapat menggantikan sertifikat atau surat KLHK sebagaimana yang dimaksud dalam persyaratan pengadaan barang tangki septik di Kabupaten Purworejo. Jika ada yang dapat menunjukan mohon saya dikasih tahu,” tegasnya.

Menurut Sumakmun, seharusnya Dinas PUPR Kabupaten Purworejo selaku pendamping Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang notabenenya adalah orang awam terkait pengadaan barang dan jasa.

“Malah dalam pemberitaan ada dugaan pengkondisian yang seakan-akan tanda kutip memaksa KSM untuk memilih produk tertentu. Bahkan ada oknum ASN yang diduga menyebut keunggulan-keunggulan salah satu merk tangki septic tank diduga bermasalah ini di grup whatsapp KSM.

Dan ini sudah jelas etika yang tidak baik, seharusnya ASN tidak menyebutkan merk dari salah satu produk karena berpotensi menimbulkan kesan pengharusan menggunakan merk tersebut,” tegasnya 

Sumakmun menduga ada sesuatu dibalik pengadaan barang ini. Seharusnya pejabat dari dinas mengoreksi betul persyaratanya. Menurut Sumakmun, pengadaan langsung semacam ini seharusnya menjadi hal sepele bagi pejabat dinas yang telah terbiasa menangani pengadaan barang dan jasa yang lebih besar dan lebih rumit.

“Saya ragu kalau kasus ini karena kelalaian, karena ini masalah sepele sekali jika dibandingkan pengadaan barjas di dinas yang lebih besar dan rumit. Ada apa ini?, jika barang yang jelas diragukan kelengkapan dokumenya tetap dipilih sebagai mitra penyedia sedangkan ada opsi pemyedia lain yang memiliki persyaratan lengkap?,” tandasnya.

Sumakmun mengatakan, akan mengadukan persoalan ini ke Polres Purworejo  untuk dilakukan kroscek secara menyeluruh. Menurutnya hal ini tidak dapat dibiarkan.

“Saya juga meminta kepada DPUPR untuk menghentikan sementara pengadaan tangki septik dari perusahaan yang diduga dokumenya kurang lengkap. dan jangan main tafsir surat sendiri tanpa dasar penjelasan dari yang membuatnya.

"Misalkan legal opinion dari KLHK. Itupun opini dari KLHK masih harus diuji secara hukum, mana bisa serifikat yang sudah kadaluarsa bisa diganti surat keterangan sedang mengurus,” pungkasnya.

 

 

Red : Madya /Fz

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !