Gerakan Mewujudkan Masyarakat Sehat Berkemajuan, MPM PP Muhamadiyah

YOGYAKARTA - INFONEWS TERKINI -- Pasca Covid 19 Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat (MPM PP) Muhammadiyah menggelar Forum Inklusi Sosial Inspirasi Ahad Pagi bertajuk “Gerakan Mewujudkan Masyarakat Sehat Berkemajuan” di Lantai Dasar Gedung PP Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta.Ahad (22/10/2023).

20231023_065120.png

Pertemuan rutin yang diselenggarakan setiap tiga bulan, bertujuan untuk menguatkan ikatan persaudaraan antar dampingan, menumbuhkan spirit dan motivasi, memperkenalkan program pemberdayaan dan produk hasil dampingan MPM PP Muhammadiyah.

Membangun dan mengembangkan jaringan pasar sebagai sarana promosi produk, membumikan model pemberdayaan inklusi kepada seluruh pengurus MPM di wilayah maupun daerah, serta menginisiasi sarana komunikasi yang intensif antara dampingan MPM PP dan stake holder.

20231023_065234.png

Dalam sambutan Ketua Umum MPM PP Muhammadiyah Dr. M Nurul Yamin, mengatakan MPM PP Muhammdiyah telah melakukan pendampingan di seluruh Indonesia,diantaranya Komunitas Perempuan Usaha Kecil dan Menengah,Difabel,Petani,Pedagang asongan dan pemulung terbesar di DIY.

“Muhammadiyah lahir tumbuh dan berkembang memiliki akar peduli terhadap kaum mustadhafin, kegiatan ini juga bertujuan  untuk menginspirasi masyarakat tentang pemberdayaan” tandas Yamin

Ketua umum Aisyiyah Dr. Apt. Salmah Orbayinah, M.Kes., mengatakan pentingnya menjaga kesehatan,kesehatan merupakan kebutuhan semua orang. Lebih baik menjaga kesehatan dari pada menjaga kesehatan ketika sakit.

“ Ketika seseorang sehat maka akan mudah melakukan berbagai kegiatan. “Bisa lebih produktif, bisa membantu orang lain dan bisa beribadah kepada Allah,” jelasnya.

Salmah, mengajak pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mengutip data  masyarakat, Salma menyayangkan masyarakat yang menerapkan PHBS sebesar 39.1 persen.

“Angka ini menunjukkan penerapan PHBS dalam masyarakat Indonesia masih rendah dan jauh dari harapan,” ujar Salma. Untuk menerapkan  PHBS, Salma mengingatkan Gerakan  Masyarakat Sehat(Germas)perlu digalakkan pemerintah, yakni  melakukan kegiatan fisik,  makan buah dan sayur setiap hari,  tidak merokok,  tidak minum alkohol, pemeriksaan kesehatan rutin,  menjaga lingkungan, dan menggunakan jamban.

Untuk menjaga kesehatan Salma juga mengingatkan untuk meneladani Rasulullah dalam menjaga kesehatan. Agenda ini kemudian dilanjutkan dengan sosialiasi pola hidup bersih dan sehat dan sosialisasi program Mentari Clubfoot.

Turut  memeriahkan, acara  tersebut penamplan Kepal SPI,Tari UKM Sekar Unisia dan penyanyi kelompok Difabel Ngaglik Endang Sudayani.Kegiatan diakhiri,  penyerahan paket sembako  dan bibit  kepada perwakilan kelompok bimbingan.

 

Editor  : Wg

Red      : Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !