FGD 4 Stakeholder, Mempertahankan Eksistensi DIY dan Kebhinekaan Indonesia

IMG-20231103-WA0044.jpg

YOGYAKARTA,INFONEWS -

Forum Group Discussion 4 Stakeholder, bertajuk "Mempertahankan Exustensi DIY dan Kebhinekaan Indonesia" dengan menghadirkan  4 narasumber dari empat lembaga, berlangsung di Ruang Yudistira Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kamis (2/10/2023). 

Dihadiri Kepala Bidang Politik dalam Negeri dan Ormas,  Bagas Senoadji, A.TD., MT., mewakili Kepala Badan Kesangpol DIY., Ketua Forum Ketahanan dan Pembangunan Nasional (Forhanas) Prof. Dr. Djagal Wiseno Marseno., Kerua Bidang IT Forum Keustimewaan dan Kebhinekaan Indonesia (FKKI) bp.Purdyanto., Ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Kabupaten Sleman, Yupiter Ome didampingi KSB dan bid.humas.,

Moderator Dr.Haryadi Baskoro, M.Hum, Pakar Keistimewaan DIY.,  serta  Tim FKKI.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Politik dalam Negeri dan Ormas Kantor Badan Kesbangpol DIY Bagas Senoadji, menjelaskan bahwa salah satu tugas utama lembaganya (Kesbangpol) adalah melindungi masyarakat, termasuk organisasi masyarakat (ormas) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang saat ini berjumlah sekitar 5000 ormas , dan yang baru terregistrasi  melalui Kantor Badan Kesbangpol DIY sekitar 800 Ormas.

Ini memang tugas berat bagi Kesbangpol, tapi hal ini sebagai upaya agar "Ormas-Ormas di DIY tidak dimasuki paham-paham radikalisme atau unsur-unsur yang lain yang mencemari NKRI," tutur Bagas Senoadji.

Kabid Politik Dalan Negeri dan Ormas, Badan Kesbangpol DIY menjelaskan bahwa Kesbangpol DIY telah mengimplementasikan Sistem Kendali Registrasi Organisasi (SIKRESNO) pada tahun 2023 sebagai langkah perubahan untuk menjaga kerukunan dan perdamaian di DIY, terutama menjelang Pemilu 2024. Ditambah lagi, DIY merupakan "Miniatur Indonesia"

Dari keragaman Indonesia, dengan mahasiswa dari berbagai suku bangsa nusantara datang ke Yogyakarta untuk mengejar ilmu, melanjutkan studynya.

Apalagi menjelang Pemilu 2024, yang akan digelar tepatnya tanggal 14 Februari 2024 mendatang, masyarakat pastinya berbeda partai Politik dan dukungan  suara ,. Namun perlu diingat agar tetap damai," jelas Bagas. 

Sementara itu, Ketua Forhanas DIY, Prof.Dr. Djagal Wiseno, menekankan segenap seluruh wilayah khususnya DIY meski terus mengelola keberagaman dengan baik dan tersu terjaga seperti saat ini. Langkah ini penting agar menceggah terjadinya konflik-konflik yang tidak diinginkan menjelang Pemilu 2024. 

"Potensi pecahnya Kebhinekaan ini cukup besar sehingga perlu dikelola dengan baik dengan satu Instrumen yang bisa diwujudkan dalam bentuk kelembaban yang kuat," jelasnya.

Bidang IT FKKI , Purdiyanto mempresentasikan rencana kerjasama pembuatan IT , akses data Ormas satu pintu melalui Kantor Badan Kesbangpol DIY.

Sementara itu Ketua IWO-Indobesia Kabupaten Sleman, Yupiter Ome, mengatakan, media adalah pilar ke empat dari sebuah negara Demokrasi seperti Negara Kesatuan Republik  Indonesia. Maka wartawan yang tergabung dalam organisasi IWO-Indonesia khususnya siap membangun kerjasama yang baik dengan semua stakeholder dan Pemerintah , guna menciptakan kondusifitas , menjaga  kerukunan dan persatuan menjelang pesta demokrasi Indonesia (Pemilu 2024) ,melalui  pemberitaan media yang objektif , transparan, Independen dan anti-hoax. 

Wartawan-wartawan IWOI terus belajar menyesuaikan diri  dengan situasi yang berkembang , tidak perlu ikut memanaskan suasana yang memang cenderung meningkat, seiring masa kampanye para kontestan.

Anggota IWO-Indonesia diharapkan tidak hanya menerima , menyampaikan informasi kepada  publik, tetapi informasi yang disampaikan  harus memiliki nilai, dimana berita yang disajikan melalui berbagai media anggota IWO-Indonesia dapat menjadi rujukan informasi dan pemberitaan, hal ini adalah bagian dalam rangka menjaga eksistensi  Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus cipta kondisi  yang damai, demi persatuan dan kesatuan bangsa , menuju Indonesia Emas 2024, Pungkasnya.

(suharmanto)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !