Dihari Kemerdekaan RI ke-78, POLRI Menggelar Penanaman Pohon Secara Serentak

IMG-20230823-WA0065.jpg

 

DIY, INFONEWS -

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, Polri menggelar Bakti Sosial Penanaman Pohon secara serentak, pada Rabu (23/8/2023).

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa penanaman pohon secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI Ke- 78 dan bentuk inisiasi Polri dalam pemecahan Rekor Muri penanaman pohon terbanyak secara serentak. 

Secara terpusat kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kepolisian ASEAN yang tergabung dalam Ketua AMMTC dan Ketua SOMTC, penanaman pohon dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dilaksanakan di Komodo Tour, Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Sedangkan Penanaman Pohon di Polda DIY dipusatkan di Bukit Watu Gagak, Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini juga dilakukan oleh  jajaran Polda DIY di masing-masing kabupaten/kota.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K, M.H., mengatakan untuk mendukung pemecahan  rekor tersebut, Polda DIY menanam sebanyak 11.384 bibit pohon.

“Ini dari berbagai varian pohon yang memiliki akar kuat, mulai dari sirsak, mangga arum manis, alpukat alligator, pucuk merah, bungur, gayam, beringin, mahoni dan lain sebagainya, yang ditanam di Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulonprogo sampai Gununungkidul. Penanaman tersebut dilakukan dikawasan hijau dimasing-masing wilayah,”ujar bintang dua ini

Kapolda DIY menambahkan,  dalam kegiatan penanaman pohon tersebut Polda DIY bersinergitas dengan TNI, unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat  dan para relawan  serta aktivis pencinta lingkungan. Hadir pula Para Pejabat Utama Polda DIY, Kapolres/ta jajaran Polda DIY dan Bhayangkari.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan program penghijauan untuk menghijaukan wilayah seluruh Indonesia, selain itu penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian Polri dan kontribusi Polri, karena pohon memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, mereduksi dampak perubahan iklim serta mencegah terjadinya  tanah longsor,”pungkasnya.

(suharmanto)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !