Dansatgas Yonif RK 115/ML Ajak Masyarakat Puncak jaya Papua Untuk Sama-sama Menjaga Kemananan dan Kedamaian di Tanah Papua

IMG-20230627-WA0041.jpg

PUNCAK JAYA PAPUA-INFONEWS TERKINI -Dansatgas Yonif RK 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka pengawasan dan pengendalian operasi di Pos Wuyuneri pada Hari Minggu (26/6/2023). 

Dalam kegiatannya tersebut, beliau menyempatkan diri untuk melaksanakan Komunikasi Sosial dengan beberapa masyarakat yang sedang berkunjung ke pos. Adapun masyarakat yang datang, antara lain: Indian Enumbi selaku Kepala Suku dan Yan Enumbi selaku Kepala Kampung Wuyuneri serta beberapa anak-anak yang sedang libur sekolah. Mereka datang untuk meminta tolong kepada personel pos untuk cukur dan ada juga yang sekedar silaturahmi dengan personel pos.

Dalam obrolannya, Dansatgas menanyakan kepada masyarakat perihal kegiatan mereka yang tidak pergi ke kebun di pagi hari. Salah satu masyarakat atas nama Indian Enumbi menjawab bahwa mereka sudah selesai membuka kebun dan selanjutnya tugas mama mama untuk menanam dan memelihara tanaman. “Tugas bapa- bapa hanya membuka lahan untuk berkebun, setelah selesai mama yang bertugas menanam dan memelihara tanaman.“ Demikian tuturnya.

Di samping itu, Dansatgas Yonif RK 115/ML juga mengajak kepada masyarakat yang datang ke pos untuk sama-sama menjaga kemananan dan kedamaian di tanah Papua, khususnya Kampung Wuyuneri.” Apabila situasi aman dan damai, masyarakat dapat melakukan aktivitasnya dengan lancar.’ Demikian tambah Dansatgas. 

Memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Puncak Jaya, bahwa pembagian tugas berkebun bagi kaum pria hanya membuka lahan dan selanjutnya tugas kaum perempuan untuk menanam dan memelihara hingga panen. Mendengar hal tersebut, Dansatgas memberi arahan agar kaum pria memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif, seperti memelihara ternak dan memelihara bangunan rumah dan kebersihannya agar nyaman dan sehat untuk ditempati.

Untuk mengisi waktu liburan sekolah anak-anak, Dansatgas juga memerintahkan agar Danpos Wuyuneri mengaktifkan rumah pintar yang ada di pos dengan kegiatan belajar sambil bermain, sehingga waktu liburan diiisi dengan kegiatan yang positif. Menanggapi perintah tersebut, Danpos Wuyuneri Kapten Inf Amri Juddah menjawab, “Siap dilaksanakan Komandan, namun untuk kondisi rumah pintar pos Wuyuneri saat ini masih dalam proses perbaikan, sehingga kegiatan akan kami laksanakan di lahan terbuka sekitar pos.” Demikian tuturnya.

Kegiatan Komsos Dansatgas dengan masyarakat Kampung Wuyuneri berjalan hangat dan harmonis serta diakhiri dengan kegiatan makan sirih pinang dan makan siang bersama. “Wa..wa..wa..Kaonak.” Demikian sambut Indian Enumbi selaku Kepala Suku.

Red : Jhon / Yonif 115/ML

Red : Jhon

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !