Bersama PT Pertanitas Panen Sedayu Laksanakan Panen Raya Jagung Perdana di Gumelar Banyumas

BANYUMAS,INFONEWS TERKINI -

Dalam rangka membantu Pemerintah tentang program ketahanan pangan komoditi palawija (jagung). Taras Karya Abadi Group yang bekerjasama dengan PT Pertanitas Panen Sedayu, CV Taras Karya  Abadi,Koperasi  Pertanian, dan Himpunan Petani Muda dan  Pengusaha Muda Daerah (HIMPEDDA) melaksanakan penanaman jagung guna mendukung Pemerintah dalam  Program Ketahanan pangan Berupa komoditi jagung.

Dalam program tersebut juga melibatkan para  petani dan masyarakat desa Gumelar, dalam pelaksanaan dari mulai pembibitan dan penanaman serta seluruh kebutuhan lahan pupuk bibit dan obat-obatan serta pembiayaan tenaga kerja murni difasilitasi oleh CV Taras Karya  Abadi, dan  PT Pertanitas serta koperasi  Pertanian, dan Himpunan Petani Muda dan  Pengusaha Muda Daerah (HIMPEDDA).

 Akhirnya Program yang dilaksanakan tersebut,kini  membuahkan hasil panen jagung yang cukup memuaskan.serta memiliki hasil yang sesuai harapan semua pihak yang berperan, dan akhirnya pelaksanaan Panen Raya Jagung tersebut  dimulai pada Selasa (19/3/2024).

Program Penanaman jagung seluas 55 hektare tersebut  murni di prakarsai oleh Taras Karya Abadi group yang bekerjasama dengan PT Pertanitas Panen Sedayu, CV Taras Karya  Abadi,Koperasi  Pertanian, dan Himpunan Petani Muda dan  Pengusaha Muda Daerah (HIMPEDDA) dalam menjalankan  program ketahanan pangannya   di laksanakan di wilayah Kabupaten Banyumas dan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Dalam menjalankan Program tersebut dilaksanakan,oleh kurang lebih 700 anggota petani yang terdaftar di dalam Koptan Taras karya abadi, bahkan semua pihak yang tergabung sudah saling berkontribusi dalam penanaman maupun pengadaan kebutuhan pertanian.

Tiara Dian Prastiwi  Direktur CVTaras Karya Abadi yang sekaligus ketua koperasi.dan Himpunan petani muda Daerah Kepada wartawan mengatakan..alhamdulilah Panen raya perdana ini dapat dilaksanakan dan dapat menghasilkan hasil panen yang sangat memuaskan. walaupun kondisi akses jalan menuju lokasi lahan jagung yang akan kita panen  sangat sulit  walau demikian tidak mematahkan kami untuk memanennya," kata Dian Pratiwi.

Dian Pum menambahkan bahwa apa yang kami lakukan ini guna membantu masyarakat dalam bidang ketahanan pangan bagi masyarakat. dan saya berharap agar pihak pemerintah baik itu Pemerintah daerah dapat membantu apa yang menjadi program dan kegiatan kami ini dan kami juga berharap agar akses jalan bagi para petani ini di perbaiki oleh pihak pemerintah daerah maupun pemerintah Pusat. sehingga para kelompok tani ini dapat menjalankan aktifitas kegiatannya secara mudah, "imbuhnya.

"Dan kami ucapkan  terima kasih kepada lembaga Pemerintah khususnya Desperindag ,dan Diinas pertanian Banjarnegara, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah, yang telah mensupport fasilitas gedung pabrik,lahan pertanian,dan study pertanian dari koprasi Propinsi Jawa Tengah," pungkas Tiara Dian Prastiwi  Direktur CV Tiara  Karya Abadi. 

Dilokasi yang berbeda Hengky Dwi Prastianto, Dirut PT Pertanitas Panen Sedayu saat di temui wartawan di Mes para pekerja  mengatakan bahwa,

"Pada intinya memang disini harus ada akses jalan yang bisa dilalui roda empat agar bisa  masuk ke setiap blok  blok yang ada lahan,"ucapnya. 

"Saya berharap  harus ada perhatian khusus dari Pemerintah baik itu Pemerintah daerah setempat ataupun pusat  sehingga  kedepannya  petani dapat dengan mudah karena ini adalah mata pencaharian petani.

" Sedangkan mengenai pekerja yang mengerjakan penanaman ini kebanyakan dari para warga sekitar, diantaranya dari wilayah Petuguran dan ada juga yang dari wilayah Banjarnegara 

"Untuk penanaman awal kami laksanakan mulai Agustus  hingga September 2023, dan setelah  pengolahan lahan selesai, maka Mulai Desember 2023, tepatnya pada 3 Desember 2023 kami mulai menanamkan bibit jagung.

Untuk mengenai  lahan kita sewa dengan RSA dengan sistem sewa,dan apabila akses jalannya  memadai maka kami akan lanjut, namun  akses jalannya sangat parah   " lanjut dan tidaknya kita lihat hasilnya nanti bagaimana.memang seharusnya  sewanya  minta pertahun tahun   namun untuk sementara kami sementara  hanya kita sewa  satu kali panen aja.

 

Red : Madya team Innews

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !