Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Secara Resmi Membuka MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2023

IMG-20231111-WA4.jpg

Sleman,Infonews -

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2023 kembali digelar. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa secara simbolis dengan memukul bedug sebagai tanda dibukanya MTQ Umum Tingkat Kabupaten Sleman 2023, Jumat (10/11) di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman. 

MTQ tingkat Kabupaten Sleman 2023 akan diikuti oleh Kafilah dari 17 Kapanewon se Kabupaten Sleman dengan jumlah peserta total 581 peserta yang nantinya terbagi dalam 22 jenis lomba. 

Danang menyampaikan penyelenggaraan MTQ 2023 tingkat Kab. Sleman mengemban misi yang sangat mulia, yakni menguatkan pembangunan akhlak generasi muda. Kegiatan ini menurutnya merupakan wahana mencetak Generasi Qur’ani yang mencintai Al- Qur’an, mencintai seni lagu dan tulisan Al-Qur’an, mencintai isi dan kandungan Al-Qur’an, serta melaksanakan tuntunan pengamalan nilai dan ajaran Al-Qur’an.

“Generasi Qur’ani itu sadar akan kewajiban keagamaannya dengan menempatkan Al-Qur’an sebagai sumber moral, tetapi juga mampu menyerap nilai-nilai kandungan Alquran tersebut sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen-agen perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermuara pada terciptanya tatanan masyarakat yang sejahtera, berdaya saing, serta Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur,” jelasnya.

Lebih lanjut, Danang berharap kegiatan ini mampu menjadi sarana internalisasi nilai-nilai luhur Al Quran. Tidak hanya dituntut dapat berprestasi, tetapi terpenting berperan mensosialisasikan nilai-nilai luhur Al Quraan tersebut kepada lingkungannya. 

“Jadikanlah MTQ ini sebagai sarana pembelajaran dalam mengaktualisasikan nilai- nilai Al Quran. Dengan demikian generasi muda di Sleman dapat terhindar dari perilaku negatif dan mampu menebar semangat dan pengaruh yang positif bagi lingkungan dimanapun berada,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sigit Herutomo dalam laporannya mengatakan tujuan lomba MTQ ini yakni dapat mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan Al-Quran, media untuk menebarkan syiar islam, ajang seleksi dari kafilah-kafilah utusan terbaik dari 17 Kapanewon se-Kabupaten Sleman, dan meningkatkan iman, taqwa, serta syiar ukhuwah Islamiyah.  

Pada kesempatan tersebut, Danang juga menyerahkan apresiasi kepada Kafilah Kabupaten Sleman yang mewakili Sleman dalam STQ tingkat Nasional 2023.

Pelaksanan lomba akan dilaksanakan mulai Sabtu, 11 November 2023 sampai dengan selesai di 10 lokasi di lingkungan komplek Pemkab Sleman dan Kementerian Agama Kabupaten Sleman.(S.manto)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !