Wakil Bupati Sleman Ajak dan Maknai Merti Bumi Untuk Gumregah Gotong Royong.

YOGYAKARTA - INFONEWS TERKINI - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri Kirab Budaya Merti Bumi bertajuk Bala Semesta Kalurahan Trihanggo Gamping, Minggu (5/11/2023). Bertempat di Lapangan Kalurahan Trihanggo Gamping, Danang mengajak seluruh warga masyarakat Trihanggo untuk memaknai Merti Bumi sebagai sarana untuk Gumregah, Gotong Royong serta nguri-uri budoyo. 

IMG-20231106-WA0003.jpg

Hadir pula dalam acara tersebut Gusti Kanjeng Ratu Hemas beserta KPH Purbodiningrat dan KPH Yudhanegara yang sekaligus melakukan penyebaran udhik-udhik kepada masyarakat Trihanggo.

Dalam sambutannya, Danang mewakili Pemkab Sleman senantiasa mendukung dan mengapresiasi antusiasme warga masyarakat Trihanggo dalam mengikuti serta memeriahkan Merti Bumi Bala Semesta. 

Ia menambahkan, momentum ini harus dimaknai masyarakat sebagai sarana menjalin gotong-royong dan wujud gumregah masyarakat untuk sadar dan peduli akan pentingnya melestarikan budaya dan potensi lainnya yang ada di Kalurahan Trihanggo.

“Momentum Merti Bumi ini mari kita sama sama maknai sebagai sarana untuk saling bergotong royong, gumregah dan sekaligus wujud kepedulian masyarakat Trihanggo akan pentingnya melestarikan budaya melalui berbagai penampilan dan kreatifitas dari masing-masing Padukuhan,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Acara Merti Bumi Bala Semesta Trihanggo, Suyana WH melaporkan bahwa terdapat 12 Bregada yang akan melakukan kirab. 12 Bregada merupakan perwakilan dari 12 Padukuhan yang ada di Trihanggo dan berasal dari 3 Kelurahan Lama yakni Kronggahan, Jambon dan Biru.

 

Editor   :  Wg

Rep       :  Pramono /J can

Red       :  Madya Innews team

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !