Ternyata Hari Raya Nyepi Juga Dirayakan Di Kalimantan Selatan Loh, ini Dia Liputannya

IMG-20230321-WA0105.jpg
Warga Kampung Bali Barambai Sambut Hari Raya Nyepi dan Pawai.

KALIMANTAN SELATAN - BARITO KUALA - INFONEWS - Sambut Hari Raya Nyepi, warga Kampung Bali yang beragama Hindu, berbondong-bondong penuhi Pura Jagat Natha Widya Natha di Desa Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Selasa (21/03/2023) sore.

IMG-20230321-WA108.jpg

Selain warga setempat, masyarakat yang beragama Hindu dari luar wilayah pun turut hadir di Pura tersebut. Untuk beribadah dan memanjatkan do'a secara bersamaan yang disebut Tawur Kesanga.

Berbagai seserahan sebagai simbolis limpahan rezki yang diberikan dan wewangian berjenis dupa pun turut memenuhi berbagai sudut Pura.

Menurut bapak Putu Paing, warga yang turut hadir. Peringatan menyambut Hari Raya Nyepi disini memang selalu ramai dipenuhi warga yang berkeyakinan agama Hindu, di wilayah Marabahan, Barito Kuala. Semenjak berdirinya Pura Jagat Natha Widya Natha di Desa Barambai.

"Setiap peringatan keagaman, kami warga setempat selalu berkumpul disini untuk bersama-sama memanjatkan do'a", jelasnya.

Diungkapkannya pula, masyarakat yang berkeyakinan agama lain diwilayah itu juga sangat bertoleransi, sehingga kegiataan keagamaan berjalan lancar serta ada pula yang ikut menyaksikan.

Usai melaksanakan Upacara Tawur Kesanga, kegiatan pawai Ogoh-ogoh juga dilaksanakan. Dengan maksud dan tujuan untuk mengusir roh-roh jahat, karenakan para warga Hindu bakal melaksanakan Puasa selama 24 jam penuh.

Usai acara keagamaan berlangsung, PJ Bupati Barito Kuala yang melewati lokasi itu pun turut menyambangi. Sembari berbaur dengan warga dan memantau keadaan setempat.

Red : Dani / Tim innews 

IMG-20230321-WA0107.jpg

 

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !