Setahun Lebih Tak Digaji, PDAM Bulukumba Kini Sakit Stadium 4

BULUKUMBA - INFONEWS TERKINI - Satu tahun lebih  karyawan PDAM Bulukumba bekerja tak mendapatkan gaji, 

Pimpinan perusahaan menyebut, keuangan badan usaha milik daerah itu tak sanggup membayar hak-hak karyawan.

“Pemasukan PDAM Bulukumba hanya dari penagihan pelanggan tidak sebanding dengan biaya gaji karyawan dan biaya pemeliharaan pipa di lapangan serta (biaya) lainnya,” kata Direktur Utama PDAM Bulukumba, Andi Nurjaya Yacob, S.H., Senin (29/1/2024) di Ruangannya.

20240131_132750.jpg

Dia memaparkan jumlah pelanggan perusahaan air itu sebanyak 10.800 pelanggan tetapi  hanya sekitar 6000 pelanggan yang dialiri air sekarang ini. Ironisnya, dari jumlah itu kebanyakan diantara para pelangganya justru menunggak pembayaran sehingga menyebabkan kondisi keuangan PDAM Bulukumba  semakin memprihatinkan.

Menurutnya, jika para pelanggan disiplin dalam pembayaran tagihan airnya dan Pemerintah Daerah Bulukumba mengalokasikan penyertaan modal untuk perusahaan itu maka polemik tentang tidak dibayarnya gaji karyawan perusahaan dapat segera teratasi.

Tentang besarnya tunggakan pelanggan PDAM Bulukumba, Andi Nurjaya Yacob, S.H, yang akrab disapa (Karaeng jaya) mengakui, hal itu juga disebabkan pegawai PDAM yang tidak disiplin dalam melakukan penagihan kepada para pelanggan.

"walaupun PDAM Bulukumba merupakan BUMND milik Pemda, tapi kurang mendapatkan bantuan dari Pemda," ungkapnya.

Terkait itu, pihaknya pernah mengusulkan kepada pemerintah Daerah agar meningkatkan penyertaan modal pada PDAM Kabupaten Bulukumba, hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba No 10 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada PT Bank Sulselbar dan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bulukumba, namun sampai hari ini  usulan itu belum trealisasi.

Andi Nurjaya Yakob, S.H, juga menambahkan,PDAM itu tugas dan fungsinya hanya sebagai Operator, sementara untuk penanggung jawab itu adalah pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten kota,dari 393 PDAM diseluruh Indonesia, PDAM kabupaten Bulukumba berada pada rangking 392 sakit parah stadium 4, tuturnya

“Inilah polemik yang dihadapi PDAM Bulukumba, Makanya karyawan beberapa bulan ini belum mendapatkan gaji,” ucapnya seraya menambahkan dirinya juga belum menerima gaji sampai hari ini, tegasnya

 

Editor.   : @Wg

Red        : Andita/Anas.A

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !