Sadang Wetan Rayakan Merti Desa dengan Nuansa Adat Jawa yang Kental

IMG-20240717-WA0083.jpg
Pertunjukan Wayang Kulit Dalang Ki Sunarko Hadi Warsono

KEBUMEN INFONEWS TERKINI -

Warga masyarakat Desa Sadang Wetan bersama tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa Sadang Wetan laksanakan kegiatan merti desa ( Ruwat bumi ), kegiatan tersebut diadakan dan dilaksanakan dihalaman Balai Desa pada Rabu (17/7/2024) mulai pukul 14:00 WIB hingga selesai.

Selesai acara ruwatan dilanjutkan  dengan hiburan pagelaran  wayang kulit semalam suntuk  pimpinan Ki Dalang Sunarko Hadi Warsono, serta pagelaran wayang kulit tersebut mengambil lakon (Judul) "Wahyu Katentreman".

Hadir dalam acara tersebut Camat Sadang beserta jajaran, Kapolsek Sadang beserta jajaran, Koramil Karangsambung beserta jajaran serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Sadang wetan, tak lupa perangkat Desa Sadang Wetan serta para tamu undangan dan Kepala Desa se-Kecamatan Sadang.

Camat Sadang Julin dalam sambutannya berharap agar  acara merti desa ini dapat berjalan dengan lancar, karena merti desa adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia-nya. semoga warga masyarakat Desa Sadang Wetan dapat mendapatkan rezeki yang cukup dan sehat selalu dan selalu diberikan keberkahan serta kerukunan sesama warga masyarakat dalam membangun desanya," kata Camat.

Kepala Desa Sadang Wetan Eko Hadii Saputro saat ditemui wartawan dilokasi acara mengatakan,"Acara merti desa ini kami adakan dan kami laksanakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rezeki yang telah diberikan kepada warga masyarakat Desa Sadang Wetan dan sekitarnya. Sehingga semua warga masyarakat mendapatkan rezeki yang cukup dan hasil bumi yang dapat bermanfaat bagi warga masyarakat.

Eko Hadi Saputro juga menambahkan bahwa acara ini dapat terlaksana atas dukungan dari semua warga masyarakat desa, dan juga semua pihak baik itu panitia maupun tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan para RT dan RW juga semua para staf perangkat Desa Sadang Wetan, "jelas Eko Hadi.

Untuk acara merti desa dan selamatan sedekah bumi ini laksanakan pada hari ini Rabu (17/7/2O24) sore hari dan selanjutnya setelah selesai acara ruwat bumi atau merti desa, ataupun sedekah bumi ini. Kami menggelar seni budaya adat jawa yaitu pagelaran wayang kulit. pagelaran wayang kulit ini selain untuk menghibur warga masyarakat juga sebagai rasa syukur atas karunia dan keberkahan yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Maka dari itu dalam pagelaran ini mengambil lakon Wahyu Ketrenteman dengan Dalang Ki Sunarko Hadi Warsono.

Harapan kami semoga warga desa Sadang wetan semua mendapatkan keberkahan, kesehatan, kerukunan dan ketentraman. Dan juga saya selaku Kepala Desa mengucapkan kepada panitia dan semua pihak yang mendukung terlaksananya acara ini dan memang acara ini setiap tahun kami laksanakan,"tutup Eko

 

Red : Madya tim

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !