Patroli Hutan Gabungan TNI Bersama Perhutani Sekaligus Penghijauan dan Bakti Sosial

BANJARNEGARA  INFONEWS

IMG-20230319-WA0051.jpg

 

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E.,M.Si, Wakil ADM KPH Banyumas Timur Hari Dwi Hutanto S.Hut, dan Waka ADM Pekalongan Timur Danang S.Hut melaksanakan Patroli Hutan Gabungan TNI dan Perhutani serta Kegiatan Penghijauan maupun Bakti sosial di Wilayah Kehutanan BKPH Karangkobar Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (18/03/23).

Dandim Banjarnegara mengungkapkan bahwa patroli gabungan TNI bersama Perhutani sejalan dengan tugas pokok Kodim.

Yakni menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan. Ruang yang tangguh berkaitan erat dengan kondisi geografi termasuk di dalamnya adalah wilayah berupa pegunungan maupun hutan.

“Konsep ini termasuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah, wilayah pertahanan darat dimana perlu disiapkan daerah pangkal pertahanan sehingga pelestarian hutan khususnya hutan lindung juga menjadi hal yang menjadi perhatian kami.  Komando kewilayahan harus   menyiapkan ruang dan alat yang siap menghadapi situasi apapun di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian dan kompleksitas”, jelasnya.

Selain itu, Kegiatan patroli hutan gabungan TNI dan Perhutani juga bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan sebagai warisan bagi generasi mendatang sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana alam maupun tanah longsor yang rawan terjadi di Banjarnegara. Tanah longsor dapat dihindari dengan menanam tanaman keras yang mampu mengikat tanah,

Sedangkan erosi yang tinggi di hulu sungai Serayu dapat menyebabkan sedimentasi di Bendungan atau Waduk Mrican yang berdampak kepada berkurangnya ketersediaan air di saluran irigasi seluas puluhan ribu hektar sawah yang terbentang dari Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas maupun Cilacap.

Oleh karenanya menjaga kelestarian hutan menjadi hal yang sangat penting untuk meminimalisir masalah ini. Dengan kegiatan penghijauan berupa penanaman 2000 batang pohon pinus ini diharapkan dapat terus menjaga kelestarian hutan demi cukupnya ketersediaan air bersih serta udara segar untuk generasi yang akan datang. Satu langkah kecil yg kita lakukan sekarang menjadjli lompatan besar bagi generasi masa depan", ungkapnya.

Saat ini pemanasan global terjadi di seluruh belahan dunia.  Pencairan es di kutub selatan maupun utara terjadi dengan laju yang lebih cepat dari dekade-dekade sebelumnya menyebabkan naiknya permukaan air laut dan berpengaruh pada perubahan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Adanya fenomena El Nino yang diperkirakan terjadi di Indonesia  pada tahun ini kemungkinan menyebabkan musim kemarau lebih panjang dibandingkan dengan musim hujan, sehingga meningkatkan resiko kebakaran hutan maupun lahan. Kegiatan patroli hutan gabungan TNI dan Perhutani ini bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran hutan maupun lahan tersebut.

“Selain kegiatan patroli hutan gabungan TNI dan Perhutani, juga terdapat pos komando pengendalian hutan yang bertujuan untuk menghindari gangguan keamanan hutan dan pengambilan kayu secara illegal. Dalam hal ini, tanaman keras harus dipertahankan sebagai bagian dari kelestarian hutan. Dandim juga berterima kasih kepada jajaran Perhutani KPH Banyumas timur dan Pekalongan timur yang telah mendukung kegiatan ini.

Penggunaan strategi 3K, yaitu Komunikasi, Koordinasi, dan Kolaborasi diharapkan dapat menciptakan sinergi antara Kodim 0704 Banjarnegara dengan Perhutani dan pihak lain seperti Polres, Polsek, Pemda Kabupaten Banjarnegara,

Kecamatan, dan Desa dalam hal ini LMDH untuk meminimalisir friksi atau gesekan yang mungkin terjadi di lapangan terutama konflik masalah pemanfaatan lahan. Saya yakin dengan menggunakan strategi 3K ini, kita dapat meminimalisir konflik yang ada”, tambahnya.

Sementara itu Sambutan Wakil ADM KPH Banyumas Timur, Hari Dwi Hutanto, S.Hut. menekankan bahwa kegiatan Patroli Gabungan TNI-Perhutani merupakan bentuk Bakti Rimbawan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Selain itu, dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan penanaman, penghijauan, dan bakti sosial yang diharapkan dapat berjalan lancar. Hari ini, kami akan bekerja sama untuk mengetahui situasi di lapangan secara langsung. Kami berharap kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan di lapangan.

 

Red : madya sumber. (Pendimbna).

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !