Mentri Koordinator Bidang PMK,Muhadjir Efendy,Laksanakan Kunjungan Kerja di Desa Duren Pagedongan Banjarnegara

BANJARNEGARA INFONEWS TERKINI -Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendiy  laksanakan kunjungan kerja dan dialog dengan masyarakat dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim dan penurunan stunting di desa Duren Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Pada Rabu (3/1/2024)

IMG-20240103-WA0033.jpg

Dalam giat kunjungan kerja tersebut juga sekaligus memastikan hasil dari Bantuan Sumur bor dari pemerintah  di desa Duren Pagedongan Banjarnegara Jawa Tengah.dan berdialog secara langsung kepada warga masyarakat desa duren.dan membagikan bingkisan berupa sembako kepada 300 kepala keluarga di desa Duren.

IMG-20240103-WA0031.jpg

Dalam kunjungannya Mentri PMK beserta rombongan didampingi oleh .PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, S.H dan  Setda Banjarnegara Drs. Indarto, M.Si beserta jajaran Pemda.Banjarnegara dan pihak Polres Banjarnegara.beserta jajaran Polsek Pagedangan dan juga  Pihak kodim 0704..Banjarnegara. 

Bantuan Sumur bor di Desa Duren tersebut dalam rangka Penanganan transisi darurat kekeringan menuju ke proses pemulihan,dan bantuan tersebut guna mengatasi kekurangan air bersih di wilayah desa Duren Pagedongan Banjarnegara.agar wilayah tersebut tidak terjadi lagi kekurangan air bersih terutama pada masa musim kemarau panjang.

IMG-20240103-WA31.jpg

Mentri PMK saat di temui wartawan Infonews871 menjelaskan bahwa "Memang di daerah ini adalah daerah yang  pada waktu musim kemarau panjang penduduknya mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih termasuk di Desa Duren ini. "Jelasnya.

"Dan kemarin ada laporan dari pemerintah daerah Kabupaten Banjarnegara  terkait  kekeringan dan  yang punya peralatan  kebetulan ini ada alat yang dimiliki oleh Kementerian Pertahanan yaitu alat pengeboran yang biasa digunakan untuk mengebor air bersih. dan akhirnya alat tersebut di gunakan untuk melakukan pengeboran air bersih  di desa Duren Pagedongan Banjarnegara ini.

"Alhamdulillah untuk perkembangan terakhir terkait pengeboran sudah keluar airnya dan debit airnya cukup bagus.dan mudah-mudahan nanti cukup besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih  sebagian besar  warga masyarakat Banjarnegara khususnya desa Duren yang pada saat kemarau panjang.

Perlu diketahui untuk Indonesia ini  memang terkait kekurangan air bersih masih sangat tinggi terutama di daerah-daerah yang memang tidak memiliki air secara permukaan yang cukup oleh karena itu perlu ada  pengeboran air dalam. " dan sekarang sudah ada teknologi Bio elektrik yang bisa untuk mendeteksi dimana posisi yang ada sumber air itu.

"dan di sini kebetulan pas tempatnya di lapangan jadi enak kita bisa mengirim alat kendaraan.dan semuanya akan kita upayakan nanti bisa terselesaikan secepatnya 

"ini dalah salah satu cara  bagaimana kita harus mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin kemudian yang kedua bagaimana kita mendorong agar warga miskin terutama yang masih produktif bisa berproduksi sehingga mereka bisa mendapatkan pendapatan yang baik dan naik.

"karenaitu di setiap desa dengan dana desa itu harus bisa mengkreasi atau menciptakan pekerjaan, sehingga mereka yang miskin bisa mendapatkan tambahan.Kemudianpenanganan ekstrim itu dengan cara  harus memenuhi kebutuhan dasarnya termasuk pemberian pembangunan.

"nfrastruktur dasar salah satu instalasi yang menyediakan air bersih dan air minum jadi stanting  itu sangat terkait dengan kebutuhan air bersih karena itu kalau kita sekarang ini membangun jaringan air bawah tanah itu kita harapkan masalah stunting dan masalah sosial akan teratasi. pungkasnya.

PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, S.H  saat di temui wartawan infonews871 saat usai acara. mengatakan

"Ini adalah merupakan salah satu inisiasi dari menteri terkait dengan bencana kekeringan yang ada di Kabupaten Banjarnegara terutama di desa kaliajir desa  petir desa duren dan jalatunda  "ungkapnya.

    "Dan kedepan harapannya   tentu saja ini bisa membantu masyarakat dan alhamdulillah dan alhamdulillah kemarin juga telah dilakukan survey  " jelas PJ Bupati.Dan terkait Jalan yang  sangat curam dan menikung tajam dan sangat ekstrim tersebut.

akan kami evaluasi dan akan kami kaji mengenai biayanya, dan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait. Pungkasnya.

Rasman Kepala desa Duren Pagedongan Kepada wartawan infonews juga mengatakan.

Pihaknya sangat berterima kasih atas perhatiannya dari pihak Pemerintah terkait ,karena warga Desa Duren diperhatikan.dan saya sangat berterima kasih karena apa yang menjadi keluhan dari warga duren khususnya Air bersih dan infrastruktur dal lain lainnya serta mengenai jalan yang sangat ekstrim dan curam akan segera di tindak lanjuti. sekali lagi atas nama warga desa saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah  " Pungkasnya.

Isaefulloh Perwakilan Dari warga masyarakat Desa Duren saat ditemui wartawan mengungkapkan "warga masyarakat Desa Duren sangat berterima kasih karena pihak pemerintah telah memperhatikan kebutuhan warga Desa Duren terkait Air bersih . memang selama ini Desa Duren ini sering sekali kekurangan Air bersih. "maka dari itu dengan adanya bantuan sumur bor ini nantinya dapat menanggulangi Air bersih secara stabil untuk warga desa Duren.sehingga nantinya warga desa Duren tidak ada lagi yang namanya kekurangan Air bersih. dan juga diharapkan yang selama ini di musim kemarau kekurangan air bersih maka. nantinya kebutuhan warga desa Duren tentang Air bersi tercukupi. pungkasnya 

 

Editor.     :.@Wg

Red.         : Madya/D Ratih/Nyana

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !