Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) POLRI , Apresiasi Saat Kunjungi Omah Jaga Warga Ambarketawang.

P-IMG-20230914-WA0019.jpgSLEMAN-INFONEWS.COM-Kabaharkam Polri Sangat Apresiasi, Saat Kunjungi Omah Jaga Warga Ambarketawang.kamis(14/9/23) 

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran beserta jajarannya melakukan kunjungan di Omah Jaga Warga Kalurahan Ambarketawang, Gamping, pada Rabu (13/9) malam. 

Kunjungan Kabaharkam Polri disambut secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Kapolresta Sleman, Kombes Pol Yuswanto Ardi serta Dandim 0732/Sleman, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang di halaman Kantor Kalurahan Ambarketawang, Gamping. 

Dalam kunjungannya, Kabaharkam bersama dengan rombongan meninjau langsung Omah Jaga Warga yang masih berlokasi di komplek Kantor Kalurahan Ambarketawang. Selain itu, Kabaharkam juga melakukan dialog secara langsung dengan Ketua Omah Jaga Warda dan Lurah Ambarketawang terkait peran jaga warga di masyarakat. 

Usai mendengarkan penjelasan terkait implementasi jaga warga, Kabaharkam Polri menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sleman, Kapolresta Sleman, Kalurahan Ambarketawang dan Jaga Warga yang berkolaborasi, bersinergi dengan baik dalam mengoptimalkan program jaga warga untuk membantu dan melayani masyarakat terlebih dalam  upaya pencegahan konflik sosial, dan gangguan keamanan di masyarakat. 

Ia mengaku senang semua pihak terlibat dalam memastikan berjalannya program jaga warga ini, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya. 

"Energi dan pikiran saya tersegarkan melihat semangat dan motivasi semua yang terlibat di sini. Kalau lingkungan RT RW aman, sudah pasti Kalurahannya aman, kalau Kalurahannya aman, tentu Kecamatan (Kapanewon) aman, dan kalau Kecamatannya aman, tentu Kabupatennya aman," ujarnya. 

Meskipun dalam pelaksanaannya akan terus diperbaiki, Fadil Imran menyebut program jaga warga yang telah berjalan di DIY khususnya Sleman ini akan menjadi contoh bagi wilayah lainnya. Bahkan, Ia mengungkapkan Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) seluruh Indonesia dihadirkan dalam kunjungan tersebut untuk melihat program jaga warga di DIY untuk diterapkan di wilayahnya masing - masing.

" Sementara itu Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan yang turut hadir mendampingi Baharkam mengatakan, jaga warga ini adalah merupakan kebijakan Gubernur DIY." Merupakan semangat yang terangkat dari masyarakat, bagaimana dia mengatur menata memantau situasi Kamtibmas.

" Nah keberadaan dari pada Polisi RW ini adalah teman diskusi, dimana setiap permasalahan itu masalah - masalah yang sosial atau masalah pidana - pidana ringan ini diselesaikan tetapi tidak boleh berfikir apabila sudah terjadi."Berfikir bagaimana membuat masyarakat aman, yaitu sistem pencegahannya yaitu yang dibangun jaga warga dan Polisi RW tutur Kapolda." Ia juga menyampaikan kalau untuk Polisi RW untuk jaga warga itu sebagian besar di seluruh DIY, untuk Polisi RW sudah ditunjuk.

" Walaupun namanya Polisi RW tetapi pandangannya dengan Dukuh, ini temannya Dukuh tapi namanya Polisi RW di Yogyakarta disebut Polisi jaga warga, "pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa Pemkab Sleman terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah konflik sosial dan gangguan keamanan di Sleman. Diantara upaya tersebut yaitu mendukung terlaksananya program jaga warga. 

Selain itu, Kustini juga menjelaskan Pemkab Sleman telah mengembangkan kapasitas setiap warga masyarakat melalui Omah Jaga Warga di tiap Kalurahan dengan harapan akan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan keamanan, ketertiban umum, ketenteraman, dan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan omah jaga warga ini merupakan sarana atau forum antar kelompok jaga warga untuk bertemu dan membangun dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban," jelasnya

Red: suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !