Kekayaan Ragam Kuliner Indonesia Dari Ubi Jalar Yang Kini Sudah Mulai Di Lirik Oleh Dunia

KEBUMEN INFONEWS TERKINI -Dodol Umbi Jalar Desa Wonosari adalah makanan yang bahan pokoknya terbuat dari umbi jalar.

Umbi jalar banyak tumbuh di dataran tinggi Wilayah Desa Wonosari dan ternyata banyak olahan yang terbuat dari bahan umbi jalar tersebut.

Melalui Ibu-Ibu  PKK Desa Wonosari Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dengan Program PPEP.

Salah satunya adalah   inovasi  yang dibuat oleh para ibu-ibu PKK Desa Wonosari. diantaranya adalah membuat dodol dari umbi jalar yang bahan utamanya kini  masih melimpah  di wilayah Desa Wonosari Kecamatan Sadang .

Dengan  khas aroma dan rasa  umbi membuat dodol ubi jalar menjadi salah satu makanan yang di sukai warga masyarakat desa  Wonosari sehingga makanan ini mulai dikembangkan pada tahun 2021 kelompok ibu  PKK Desa Wonosari.

PKK desa Wonosari yang di pimpin Sutingah ini terus berinovasi dalam hal segala pembuatan makanan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah  Desa Wonosari.  

Proses dalam pembuatan dodol umbi jalar diantaranya dengan mengupas umbi jalar kemudian dicuci hingga bersih lalu direbus hingga benar-benar matang, setelah dikukus sampai matang umbi jalar langsung ditumbuk dan dihaluskan kemudian di masak dengan campuran bumbu-bumbu  hinggga menjadi dodol umbi jalar.

Dodol umbi jalar biasanya dihidangkan ketika pada saat  acara-acara tertentu seperti hajatan,lebaran dan lain sebagainya. 

Sutingah  ketua PKK Dsesa Wonosari Kecamatan Sadang kepada media mengatakan bahwa dirinya berharap agar semua ibu ibu yang ada di desa Wonosari harus betap berinovasi khususnya ibu ibu PKK nya sehingga dengan demikian makan kaum wanita khususnya ibu ibu PKK dengan berinovasi yang positif maka akan menghasilkan pendapatan yang baik. "harap Sutingah.

Sutingah juga menghimbau bagi para ibu ibu di desa Wonosari jangan hanya berdiam diri mari kita berinovasi  "tegasnya.

Red : Mujiono /Madya(Tim Infonews)

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !