Gebyar Batik Kabupaten Sleman Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

SLEMAN - INFONEWS TERKINI - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi rangkaian Gebyar Batik Kabupaten Sleman tahun 2023. Pembukaan gebyar batik berlangsung di Lapangan Pemda Sleman, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman, Jumat (13/10). 

20231013_161522.png20231013_161435.png

Kegiatan gebyar batik ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman yang diisi berbagai kegiatan diantaranya batik super great sale, membatik massal, lelang batik, seminar, workshop, dan rangkaian kegiatan lainnya yang berlangsung selama bulan Oktober hingga November mendatang.

Bupati Sleman dalam sambutannya menyambut baik penyelenggaraan gebyar batik Sleman tahun 2023. Menurutnya, penyelenggaraan gebyar batik ini semakin memperkuat batik  warisan budaya yang telah diakui dunia, sekaligus memperkuat keistimewaan.

20231013_161314.png

"Gebyar Batik Sleman ini sarana yang bagus untuk melestarikan batik Sleman serta  menjadi media yang menampilkan ragam kreativitas, Saya sangat mendukung penyelenggaraan Gebyar Batik Sleman karena rangkaian kegiatan ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengembangan pelestarian dan juga peningkatan apresiasi masyarakat terhadap batik sebagai kekayaan lokal Sleman," jelas Kustini Sri Purnomo. 

Dalam kesempatan tersebut Kustini juga mendorong para penggiat batik untuk terus berkarya menunjukkan kreativitas dan inovasinya, sebagai upaya memberikan nilai tidak hanya sebagai tontonan fashion, namun juga bernilai ekonomi tinggi sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Dengan terus berkarya, berkreasi dan berinovasi, maka desain batik tidak berhenti sebagai bentuk tontonan fashion namun juga memiliki komoditas bernilai ekonomi tinggi," ujarnya. 

Sementara upaya dalam melestarikan batik Sleman, Kustini menuturkan Pemkab Sleman telah mengeluarkan kebijakan tentang mewajibkan ASN di lingkungan Pemkab Sleman untuk mengenakan pakaian batik pada bulan tertentu, salah satunya pada bulan Oktober. 

Usai resmi dibuka, penyelenggaraan rangkaian gebyar batik Sleman tahun 2023 dimeriahkan dengan penampilan flashmob tari batik yang diikuti oleh para pengrajin dan pelaku UMKM batik Sleman juga diikuti oleh Bupati Sleman beserta jajarannya.

 

Editor  : Wg

Red  : Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !