ENTAH SAMPAI KAPAN KEKAYAAN NEGERI INI AKAN TERUS DIJUAL TANPA MENGHIRAUKAN KONDISI ALAM SERTA KESEJAHTERAAN MASYARAKATNYA

IMG-20220704-WA0043.jpg

BANJARMASIN INFONEWS- Sungai Barito telah menjadi saksi atas hilir mudiknya Tongkang yang bermuatan Batubara, sepertinya bukan pemandangan yang aneh lagi bagi warga pesisir sungai Barito ini dengan adanya Batubara yang di angkut menggunakan Sarana Tongkang dan yang di tarik menggunakan kapal Tagbout menuju kelaut untuk di pindahkan ke kapal besar .

Kalimantan terkenal dengan kekayaan yang cukup melimpah selain hutan yang bisa menghasilkan Batang-batang Kayu untuk di olah atau untuk di jadikan Playwood .

Banjarmasin juga terkenal dengan kekayaan Hasil alam yakni Batubara yang sangat banyak terdapat di daerah daerah kabupaten salah satunya adalah kabupaten Rantau, Binuang,Batu licin, Sungai Danau,Kintap dan masih banyak lagi .

IMG-20220704-WA0044.jpg

Menurut pantauan awak media pada saat melintas di beberapa kabupaten maupun saat melintasi perairan atau Sungai Barito tepatnya di pinggiran Dermaga Banjar Raya, sempat menyaksikan adanya di pemandangan yang tak aneh dan sangat sering melintas di sungai Barito yakni adanya Armada Tagbout yang membawa Tongkang yang bermuatan Batu bara di dalamnya .

Awak media sempat berbincang - bincang dengan warga yang bertempat tinggal di Bantaran sungai Barito tersebut " Mengatakan bahwa kami selaku warga adanya pemandangan seperti ini bukanlah suatu ke anehan bagi warga sekitar Bantaran Sungai . 

Demikian pula warga lain berpendapat dengan menyaksikan Kapal tongkang yang bermuatan Batubara yang hampir setiap Jam melewati sungai Barito tersebut bukanlah suatu kejadian aneh, Namun sudah menjadi Hal yang tidak Langka bagi warga setempat tutur pak Hamdi dan rekannya yakni Pak Ikhsan yang tak lain rekan satu kerja di pabrik yang kebetulan pulang dari kerja dan sama - sama satu perusahaan yakni kerja di salah satu pabrik Playwood yang ada di sekitar Dermaga Banjar Raya .

Di tambahkanya lagi menurut Pak Hamdi sempat mengikuti perkembangan tentang tingginya permintaan Batu Bara dari Luar negri seperti negara - negara Eropa guna memenuhi kebutuhan salah Satunya adalah negara Polandia,Jerman,Spanyol dan Italia yang ia ketahui dan mengukuti informasi di berbagai media, Baik itu media televisi nasional maupun yang ia ketahui di media - media Online .

Menurut Pak Hamdi saat awak media InfoNEWS wawancarai menyampaikan bahwa kualitas Batu Bara di Indonesia ini di mata Negara - negara Eropa cukup bagus kualitasnya khususnya Batu Bara di Kalimantan Selatan ini yang banyak jadi lirikan negara Eropa sehingga saat ini banyak negara Eropa membeli demi memenuhi kebutuhan dalam negerinya .

Itu artinya saat ini bagi para pemilik tambang yang ada di Banjarmasin khususnya siap - siap ke banjiran pesanan yang mungkin bersekala besar, dan artinya saat ini sudah mulai menggeliat roda perekonomian Banjarmasin .

Namun juga menurutnya jangan sampai kebablasan yang pada akhirnya melupakan tentang keselamatan warga itu sendiri ujarnya .

Dan juga dari pemerhati lingkungan asal Banjarmasin yakni dengan Bang Denny Agustino mengatakan saat awak media menyambangi di kedai kopi tepatnya di jalan A. Yani.km. 7.00 juga berpendapat bahwa dalam kurun 15 tahun ini hasil alam di tanah Borneo ini sudah banyak sekali Batubara yang di angkut keluar pulau Kalimantan baik itu kebutuhan dalam negri sendiri maupun demi Bisnis To Bisnis" tegasnya pada wartawan .

Dalam pembelian Batubara yang sempat di ketahui oleh pemerhati Lingkungan ini dalam setiap pengiriman yang menggunakan kapal tongkang tersebut " jelas puluhan Ton dalam Sekali angkut dan belum lagi dalam isi draf Kontrak dari satu perusahaan ke pembeli atau ke pemilik lahan Tambang Batubara itu yang di pesannya.

Namun Bang Denny Agustino juga Berharap kepada pemerintah daerah agar adanya sosialisasi dan penyuluhan pentingnya untuk memperhatikan ekosistem dan kehidupa satwa yang masih membutuhkan hutan untuk kehidupannya, lebih - lebih manusia itu sendiri tuturnya . 

Pembenahan atau reklamasi lahan baik itu dari perusahaan tambang itu sendiri ataupun dari warga atau masyarakat yang di sekitar pertambangan tersebut di rasa perlu untuk menjaga ke seimbangan alam itu sendiri dan juga demi kelangsungan hidup" imbuhnya . 

Kalo menurut pengamat atau pemerhati lingkungan di Banjarmasin ini hasil bumi khsusunya batubara yang sudah di angkut dari puluhan tahun lalu hingga saat ini pastilah sudah juta,an Ton . 

Beliau menyampaikan semoga saja tanah atau Bumi Kalimantan ini tidak sampai terjadi Banjir bandang atau terjadinya kerusakan hutan yang fatal tuturnya .

Red by Ibrahim

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !