Desa Karangreja Giat Mahage Bertemakan "Karangreja Karanggayam Bersholawat"

IMG-20240616-WA0085.jpg

KEBUMEN INFONEWS TERKINI -

Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam - Kebumen, gelar acara Mahage dengan tema Karanggayam bersholawat,dan acara ini diadakan dan dilaksanakan di Dukuh Karang Lo pada Sabtu (15/6/2024).

Kegiatan tersebut di adakan dengan harapan,bahwa  digelarnya acara Mahage diwilayah Karanggayam ini , akan membuat warga  masyarakat semakin bertambah rasa taqwa dan syukur kepada Allah SWT,

Acara Mahage yang bertemakan Karanggayam Bersholawat  tersebut dilaksanakan  berdekatan dengan waktu perayaan hari raya Iedul Adha yang mana sebagai bentuk rasa syukur sebagai umat Muslim dengan berqurban bagi yang mampu.

Acara Mahage di Desa Karangrejo sangat  terasa lebih istimewa ,karena pada acara ini juga diisi dengan karawitan hasil kolaborasi antara TPQ Attaqwa dan Madin Miftahul Ulum Dengan Sanggar Karawitan Guno Laras Budoyo.bahkan kolaborasi karawitan tersebut dengan  menampilkan Gending - Gending bernuansa Islami. 

Sementara penabuh gamelan atau pangrawit adalah anak - anak dari TPQ dan Madin yang masih anak - anak. Hal ini menunjukan kolaborasi antara agama dan budaya dapat beriringan, mengingat budaya warisan para leluhur kita harus tetap dilestarikan.

Sunarto selaku ketua penyelenggara di Desa Karangrejo kepada wartawan mengatakan, " Acara mahage ini adalah acara rutin yang dilakukan secara berkala dan berganti tempat,"ucapnya.

"Dan pada  saat ini secara kebetulan desa kami sebagai penyelenggara, "sehingga dengan segala keterbatasan kami,  "dengan mengucap rasa syukur Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik.  " Dan juga tak lupa saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu dan mendukung terlaksananya acara ini," tuturnya.

Sunarto juga menambahkan bahwa " Acara mahage ini memang sengaja kami kolaborasikan dengan seni karawitan dari Sanggar Karawitan Guno Laras Budoyo yang semua penabuhnya adalah anak - anak usia dini yang berasal dari TPQ   

"Mengapa hal ini kami lakukan ? "karena untuk membiasakan anak-anak tampil dimuka umum sehingga suatu saat nanti tidak demam panggung ketika berada dipanggung yang lebih besar atau mengikuti event - event tertentu.   "Disamping itu juga menunjukan kepada masyarakat bahwa antara agama dengan budaya dapat berjalan beriringan, "terangnya.

 Masih dilokasi yang sama Hadi Sutarnok epada wartawan mengatakan "" Kami selaku pengurus sanggar tentunya mengucapkan terima kasih  kepada panitia " Karanggayam Bersholawat."

Karena anak - anak kami diberi kesempatan untuk  tampil dalam acara ini sehingga dapat menunjukkan kepada masyarakat hasil yang diperoleh selama bergabung dengan sanggar karawitan Guno Laras Budoyo," pungkasnya.

Red : Madya & Pursan SF

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !