Dalam Bentuk Penghormatan Kepada Leluhur Pemimpin Terdahulu Sekda Hadir di Acara Hari Jadi Banjarnegara ke 453

BANJARNEGARA - INFONEWS TERKINI - Banjarnegara - Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara yang ke-453 telah dirayakan dengan meriah, khidmat, dan penuh makna. Senin (26/02/2024).

Bertemakan Banjarnegara Bersemangat, Banjarnegara Bermanfaat, dan tagline Banjarnegara Sumringah, perayaan ini memperlihatkan kebanggaan dan semangat yang dimiliki oleh masyarakat di Kabupaten Banjarnegara.

Prosesi tersebut dimulai sejak pagi, di mana puluhan ribu masyarakat Banjarnegara berkumpul di alun-alun Banjarnegara untuk menyaksikan berbagai pentas kesenian dan budaya lokal. Dalam perayaan ini, masyarakat dihibur oleh tarian dan musik tradisional yang dipentaskan oleh para seniman lokal.

Acara ini bukan hanya menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan apresiasi terhadap budaya, seni, dan warisan lokal. Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara merupakan momen yang penting untuk mempromosikan kesenian dan budaya lokal kepada masyarakat luar.

Selain kesenian, acara ini juga menjadi wadah untuk menyatukan masyarakat Banjarnegara, dari yang muda hingga yang tua, dari seluruh lapisan sosial dan agama.

Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi seluruh warga Banjarnegara.

Melalui tema Banjarnegara Bersemangat, Banjarnegara Bermanfaat dan tagline Banjarnegara Sumringah, masyarakat Banjarnegara mengajak semua pihak untuk terus semangat dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Banjarnegara.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara yang ke-453 ini, menjadi kesempatan untuk merayakan warisan budaya lokal dan memperlihatkan semangat dan kebersamaan masyarakat di Banjarnegara.

Selain itu, perayaan ini juga sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang para leluhur-leluhur pemimpin Banjarnegara khususnya Bupati dan Wakil Bupati yang telah gugur terlebih dahulu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Indarto, selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjarnegara yang juga Ketua Peringatan Hari jadi tersebut.

"Terkait dengan tema Banjarnegara kali ini, kita dipanggil untuk mengingat dan meneladani semangat para leluhur yang memimpin Banjarnegara di masa lalu, serta mendoakan mereka yang telah gugur mendahului kita, khususnya para Bupati dan Wakil Bupati." Kata Indarto kepada Wartawan.

Sebagai sebuah kabupaten yang telah berdiri selama 453 tahun, jumlah Bupati dan Wakil Bupati yang telah memimpin Banjarnegara tentu cukup banyak. Mereka merupakan sosok-sosok yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banjarnegara.

Masih kata Indarto, "Kami mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara berharap, kegiatan tradisi dan budaya ini harus kita uri-uri dan kita pertahankan, Jangan sampai kita lupa pada leluhu leluhur yang telah mendirikan Banjarnegara dan memajukan Banjarnegara menjadi lebih baik lagi.

Sehingga nantinya, generasi muda dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah Kabupaten Banjarnegara dari dulu dan saat sekarang ini.

Menurut Indarto, kegiatan tersebut akan berlangsung sampai dengan 29 Februari 2024, sebagai penutupnya dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit.

kegiatan hari jadi Banjarnegara ini nanti akan berakhir pada tanggal 29 Februari, dengan dimeriahkanya kegiatan resepsi yang di dalamnya juga ada pagelaran wayang kulit yang merupakan penutupan dari kegiatan hari jadinya Kabupaten Banjarnegara tahun 2024." Pungkasnya.

 

Editor.     : @W9

Red.         : InfoNews  W adian

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !