Semangat Warga Sadang Wetan Dalam Giat Pembangunan Jembatan

IMG-20231015-WA0048.jpg

KEBUMEN, INFONEWS -

Semangat dari puluhan masyarakat warga Desa Sadang wetan melanjutkan  pelaksanaan kerja bhakti bersama (15/10/2023)  Giat ini  guna perawatan Jembatan bambu yang fungsinya sebagai  penghubung  antara dusun Krajan dengan Desa Sadangwetan.

Kegiatan  tersebut adalah sebagai wujud antisipasi dalam menghadapi musim hujan nanti. mengingat  memang Jembatan bambu ini adalah sebagai andalan masyarakat sekitar guna akses  menuju ke dukuh Kedunglawa kadusan Tungku.

Akses ini  melintasi beberapa  lahan pesawahan milik  masyarakat diantaranya Sawah Dukuh, Majapahit dan Bandingan. dan apabila dibandingkan dengan tempat lain, khususnya wilayah Sadangwetan memang mengalami fase tiga kali panen padi dalam kurun waktu 1 tahun. 

Jembatan yang dibangun  sejak tanggal 24 agustus 2021,dari  hasil dari gotong royong warga Sadangwetan khususnya dusun Krajan, namun dengan berjalannya waktu warga dusun lain diantaranya  Karangtengah, Legok dan Karang mulai sangat berketergantungan dengan jembatan yang melintasi kali Loning ini.  

Segala bentuk material untuk pemugaran jembatan ini murni dari  angggaran sukarela dan swadaya masyarakat. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini warga juga bergotong royong mencari hingga membawa material batu dari kali Lukulo guna untuk dapat digunakan guna pembuatan  bronjong  sebagai landasan jerambah jembatan agar lebih kuat dan teguh. 

Eko Hadi Saputro Kepala desa Sadang Wetan saat di konfirmasi awak media menjelaskan bahwa "Harapan masyarakat tentunya pemerintah akan segera mengagendakan anggaran dana desa untuk pembangunan jembatan tersebut secara permanen, "Sebab dengan adanya jembatan ini maka dapat mempermudah akses dalam memanen dan membawa pulang  hasil tani serta mempermudah warga tani dalam melaksanakan kegiatan tani sehari hari  baik itu  merumput maupun aktifitas lainnya.yang selalu di lakukan oleh masyarakat sekitar.

Beberapa warga masyarakat sekitar pun saat di temui awak media hampir rata rata mereka mengatakan bahwa dengan adanya Jembatan ini warga tani  dapat sangat terbantu.warga pun berharap agar nantinya jembatan ini dapat awet dan kokoh apalagi bila dibuat secara permanen .

Nek Gon masalah dana nggo kerigan. dandani jembatan  Niki sifate swadaya murni  sedanten  wargane nggolet  material bareng bareng dikumpulkan Ben bisa gawe Bronjong, kalo soal masalah dana buat acara kerja bakti memperbaiki jembatan ni murni semuanya adalah dana swadaya,semua warga mencari material bareng bareng dan dikumpulkan agar dapat digunakan untuk membuat Bronjong.

Rep : Agung Pristiyanda E Putra

Red : Madya

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !