Punahnya Musik tradisional Ajeung dan Kleningan khas Cileungsi.

IMG-20220721-WA0021.jpg

Bogor InfoNEWS - Menelusuri jejak Kesenian budaya Musik tradisional khas Cileungsi.         

Ajeung dan kleningan adalah suatu kesenian tradisional khas Cileungsi, dimana musik tradisional tersebut Sdh dimainkan sejak tahun 1960 an.musik tradisional ajeung hanyalah sebuah musik instrumen dimana para pemainnya hanya memainkan alat alat musik tersebut tanpa ada iringan nyanyian. Sedangkan untuk kleningan adalah suatu musik yang dimainkan dengan nyanyian dari para sinden sinden tersebut.            

IMG-20220721-WA0024.jpg

 

Adapun pelaku atau pemain tersebut Abah KEMEN menyebutkan musik tradisional Ajeung dan Kleningan adalah suatu ciri khas Cilengsi pada tahun 60 an.Abah Kemen pun menyebutkan bahwa pada masa itu musik Ajeung dan Kleningan sangat disukai warga masyarakat Cilengsi,apalagi pada saat adanya hajatan,Abah mah slalu dipanggil,ucap Abah Kemen kepada info NEWS Kamis (21/07/2022) saat ditemui di rumahnya.         

Abah kemen pun menyebutkan adapun alat alat musik ajeung yang digunakan seperti : Terompet,Pelog,Saron,Demung,Kecrek,Benje,Goong gede,kemupul dan gendang.Beliau pun berkata terakhir beliua bermain Ajeung sekitar tahun 80 an.       Sekarang mah tidak ada yang meneruskan lagi,ujar Abah Kemen.       

Disatu sisi KADES situ sari sangat menyayangkan tidak adanya generasi penerus untuk musik tradisional Ajeung dan kleningan.Abah Kemen Pelaku budaya musik tradisional ajeung dan kleningan hanya beliau lah yang sampai saat ini masih ada,ucap pak kades situsari kepada info NEWS.     

 Saat ini Abah Kemen sendiri sudah berusia 85tahun,jadi sangat disayangkan jika tidak ada generasi generasi penerus untuk melanjutkan ciri khas musik ajeung dan kleningan dari Cilengsi.maka dari itu saya selaku kades situsari akan mencoba mengangkat kembali ciri khas Musik ajeung dan kleningan khas Cilengsi yang sudah lama menghilang,makanya kita perlu dari Tim kebudayaan Nusantara untuk mengangkat kembali ciri khas musik tradisional tersebut,ungkapnya.     

Abah Kemen pun menyebutkan adanya musik ajeung dan kleningan itu adalah lahirnya suatu musik dan tarian yang disebut Jaipong pada saat ini,jadi kalau diurut mulai dari awal adalah Ajeung,kleningan baru jaipongan ucap Abah KEMEN kepada Info NEWS.       

Makanya budaya itu mah kalau bukan kita sorangan yang melestarikan saha deui atuh,ujar Abah KEMEN dengan ciri khas logat Sunda nya.

 

Red : Gesthan 

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !