MENYAMBUT HUT RI KE 77 TH 2022 DESA SEBORO ADAKAN FESTIVAL BUDAYA TINGKAT DESA

 

IMG-20220720-WA0030.jpg

KEBUMEN INFONEWS - Pagelaran dengan mengangkat kearifan lokal Desa Seboro, Kec Sarang Kan Kebumen.

Pagelaran tersebut berupa penampilan beberapa kesenian lengkap di setiap Dusun di wilayah Desa Seboro Kec Sadang Kab Kebumen Peserta pagelaran merupakan perwakilan dari Dusun yang di tunjuk di sepakati oleh Ketua RW dan atau Kepala Dusun.setempat.

Kesenian yang akan ditampilkan mencerminkan  kultur dan budaya turun menurun yang ada di Dusun yang ada di wilayah Desa Seboro Kec Sadang Kab Kebumen. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan penjadwalan yang tepat dengan berbagai pertimbangan yang menarik, menjual dan mencerminkan kebudayaan yang ada di Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. 

Memang Selama ini Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen masih belum mempunyai seni kebudayaan yang di klaim sebagai budaya asli Desa Seboro yang merupakan Kebanggaan Desa.

Kegiatan Ini merupakan momentum tepat untuk mewujudkan dan menetapkan kesenian dan budaya yang ada sebagai kebudayaan asli di Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem perwakilan berdasarkan lingkup Dusun yang ada di Desa Seboro.

Ke7 pedusunan yang masuk dalam wilayah Desa Seboro terdiri dari Dusun Krajan, Dusun Gentan, Dusun Geyong, Dusun Jombret, Dusun Karanganyar, Dusun Kaligesing, Dusun Jojogan. 

Peserta yang mengikuti acara ini merupakan kesenian yang ada di masing-masing Dusun. Dan pada kegiatan ini tidak ada masa penyisihan melainkan langsung di nilai secara keseluruhan, untuk diambil 6 penampilan yang terbaik yang selanjutnya menjadi Juara I , Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II dan Harapan III. " kata Adi subarkah.

Kepala desa Seboro Adi subarkah menjelaskan Berdasarkan Peraturan Desa Seboro Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2022 telah dianggarkan kegiatan Festival Seni Budaya dan Peringatan HUT RI ke 77 Desa Seboro yang di dalamnya ada kegiatan Lomba Kebersihan Tingkat RT rangka mendukung Gerakan Hidup Bersih dan Sehat melalui Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kerapian (K3) antar RT. Sehubung dengan hal tersebut di atas, kegiatan Lomba K3 akan dilaksanakan pada bulan Agustus sekaligus untuk menambah Gebyar Kemerdekaan Tahun 2022. " Pangkas Adi"

 

Red Agung Pristyanda/Madya

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !