PemKab Kebumen Akan Segera Salurkan Bantuan BLT-BBM dan Sembako

IMG-20220906-WA0081.jpg
BANTUAN BLT BBM DAN SEMBAKO AKAN SEGERA DISALURKAN OLEH PEM KAB KEBUMEN

KEBUMEN INDONEWS- 06/9/2022.-Pemerintah Kabupaten Kebumen minggu minggu ini akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat bantuan tersebut sebagai bentuk kompensasi dari kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat.

Arif Sugiyanto (Bupati Kebumen ) Pada saat menggelar rapat terbatas bersama kepala dinas terkait menyatakan,bahwa,

 BLT BBM akan diberikan melalui kantor pos selama empat bulan mulai September sampai Desember 2022.

Distribusi BLT BBM diberikan per dua bulan sekali.untuk September-Oktober akan dibagikan pada September sebesar Rp300 Ribu.

 November-Desember dibagikan pada Bulan November sebesar Rp300 ribu, dimana satu bulannya dihitung sebesar Rp150 ribu.

"Ini adalah bentuk bantuan dari pemerintah pusat selama empat bulan, yang dibagikan per dua bulan sekali dari September sampai Desember tahun ini, per bulannya dihitung Rp150 ribu. Jadi total bantuan BLT BBM dari pusat sebesar Rp600 ribu," jelas Bupati Arif.

Pemerintah pusat juga akan membagikan bantuan sembako dalam bentuk uang, dan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang dibagikan kepada warga masyarakat dalam waktu dekat ini.

Bupati Arif sugiyanto juga menjelaskan bahwa, jumlah penerimanya akan sesuaikan dengan data pusat, yang jelas ada ratusan ribu.

Bupati juga menyatakan, bantuan bukan hanya dari pemerintah pusat, tapi juga dari pemerintah daerah.

Dalam hal ini Pemerintah kabupaten juga akan memberikan langkah bantuan yang dipotong dari dana infranstruktur. Dimana sebelumnya untuk pembuatan jalan, irigasi, kita potong untuk penguatan ekonomi masyarakat," "Tegas Arif.

Anggaran dari pemerintah daerah yang disiapkan sebesar Rp6 miliar lebih. Bupati Arif menyebut jumlah itu di antaranya akan diperuntukan untuk transportasi, padat karya, pembukaan lapangan kerja dan operasi pasar.  

Bantuan dari daerah akan dipusatkan di wilayah kantong kantong kemiskinan ekstrem yang ada di lima kecamatan.

Apabila bantuan daerah kita fokuskan di wilayah kecamatan ekstrem yakni di Sempor, Karangsambung, Karanggayam, Sadang dan Alian, Insya Allah mulai bergerak pada Oktober, November sampai Desember. Kalau bantuan dari pemerintah pusat itu untuk semua, " ucap Bupati degan tegas.

Bupati juga menambakan, dalam waktu dekat pemerintah Kab Kebumen akan melakukan operasi pasar, operasi pasar ini guna untuk mengetahui langsung stok kebutuhan pangan masyarakat serta lonjakan harganya imbas dari kenaikan BBM.bupati megatakan bahwa sampai saat ini informasi yang didapat bahwa saat ini kata Bupati, harga sembako di pasar masih cukup normal.

"Yang naik sekarang baru cabai dan bawang merah. Kita akan melakukan operasi pasar karena kebetulan di Kebumen  sudah mulai panen raya cabai. Jadi Insya Allah bisa terkendali, "kata bupati Arif.

Red : Mujiono/Agus/ by Madya

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !