Menjelang Musim Penghujan, Masyarakat Kota Tangerang Di Himbau Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

KOTA TANGERANG - INFONEWS TERKINI - Menjelang musim penghujan Pemerintah Kota Tangerang mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan parit, agar supaya tidak menganggu aliran air hujan.

IMG-20231031-WA0014.jpg

Ruta Ireng Wicaksono Kepala DPUPR, Kota Tangerang,Senin (30/10/23). mengungkapkan DPUPR dalam pencegahan banjir, pihaknya tengah melakukan proses pembangunan sistem pengendalian banjir di berbagai titik lokasi.Tercatat, pembangunan sistem pengendalian banjir tersebut dilakukan di belasan lokasi di seluruh penjuru Kota Tangerang."katanya 

Ia pun menjelaskan "mulai dari, Garden City Periuk, Kali Cantiga, Kali Citegal Alur, Kecamatan Tangerang, Kelurahan Gebang Raya, Kelurahan Panunggangan Barat, Kelurahan Periuk, Kelurahan Tajur, Kelurahan Uwung Jaya, Pasar Anyar, Perumahan Pinang Griya Permai, sampai Perumahan Puri Kartika.

"Pemkot Tangerang melalui DPUPR saat ini tengah berupaya menuntaskan sederet pembangunan, seperti turap hingga sistem pengendalian banjir. Tapi mitigasi banjir tak bisa hanya dilakukan Pemerintah semata. Dengan itu, masyarakat diimbau untuk turut ambil peran, dengan melakukan giat kerja bakti, membersihkan lingkungan sekitar," ungkap Ruta,

IMG-20231031-WA0012.jpg

Lanjutnya, musim penghujan biasanya diikuti dengan banjir, pohon tumbang, dan beberapa permasalahan lainnya termasuk Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini, perlu diringi dengan berbagai antisipasi dan mitigasi dari berbagai sektor, termasuk masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Ia menuturkan, giat kerja bakti diharapkan dapat berlangsung diseluruh pemukiman. Mulai dari membersihkan selokan, parit, dan sungai yang ditumbuhi tanaman liar selama kemarau. Hal ini dilakukan, untuk menghindari luapan atau hambatan arus air hujan, yang kemudian menggenangi ruas jalan.

"Sebelum musim penghujan tiba, kita harus bersiap-siap membersihkan lingkungan. Jangan sampai nanti ketika hujan sudah turun malah terjadi masalah. Seperti, sungai mampet dan lainnya karena sebelumnya tidak dibersihkan,” jelasnya.

Sementara itu, Masyiroh, Ketua RT 01, RW 05, Kel  Belendung.mengatakan "Semangat warga untuk melakukan kerja bakti, dalam rangka mengantisipasi musim penghujan, telah dilakukan warga RT 01, RW 05, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Puluhan warga bekerjasama membersihkan seluruh saluran drainase yang mengaliri pemukiman RT 01,RW 05, Kelurahan Belendung.

"Dalam giat kerja bakti ini, memang fokus pada saluran drainase. Karena banyak drainase yang kering, dan dilebati parit dan tanaman liar yang tumbuh selama musim kemarau ini. Semoga lingkungan kian bersih, dan tak ada hambatan aliran air yang mengakibatkan banjir di wilayah kami," harap Masyiroh,

 

Editor      :  Wg

Rep         :   Bambang M (Bun)

Red.        :   Madya

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !