Mba Sri Aktivitas Perempuan Berdayakan Gen Z dan Millenial di Tiga Kota di Jawa Tengah

IMG-20231109-WA0025.jpg

BANJARNEGARA-INFONEWS TERKINI - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Sensus Penduduk 2020 yang mengungkapkan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan kelompok umur. Hasil rilis menunjukkan Generasi Z/Gen Z (generasi yang lahir antara tahun 1997 sampai dengan 2012) sebanyak 27, 94% atau 74, 93 juta. 

Sementara Generasi Milenial yang menjadi motor pergerakan masyarakat saat ini lebih sedikit, 25, 87% atau 69, 38 juta dari total penduduk Indonesia.

Melihat besarnya potensi Gen Z dan Millenial untuk kemajuan dan perubahan di masa depan, Aktivis Perempuan Sri Mastuti, S.IP, M.IP mengajak generasi ini aktif berpartisipasi dalam membangun desa diberbagai bidang terutama di tiga kota di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Kebumen.

Program "Kolaborasi Bareng Mbak Sri" sebagai ajang pemberdayaan Gen Z dan Millenial.

Dengan Program Kolaborasi Bareng Mbak Sri, Sri Mastuti yang juga sebagai Bunda Asuh Stunting ini mengajak generasi muda Gen Z dan Millenial berdiskusi, mendengarkan aspirasi serta ide kreatif untuk bergerak sama untuk kemajuan bangsa.

"Dengan komposisi penduduk yang beragam ini, tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia semakin kompleks. Menjadi penting untuk merancang kebijakan yang menghasilkan kemajuan bagi seluruh warga negara," ujar Sri Mastuti.

Program Kolaborasi Bareng Mbak Sri ini mencakup beberapa kegiatan diantaranya kelas dan workshop online, forum diskusi, penyuluhan dan pembinaan karier, acara budaya dan seni, program kewirausahaan olahraga dan bersih desa. 

"Melalui kegiatan workshop online, kita berikan ketrampilan digital, pemasaran online dan kewirausahaan yang menarik bagi Gen Z dan Millenial. Sementara untuk acara budaya dan seni, kita melakukan pertunjukan seni dan budaya seperti konser dan pameran seni bagi Gen Z dan Millenial," lanjut Sri Mastuti.

Sri Mastuti juga melakukan kegiatan penyuluhan dan pembinaan karier berupa konsultasi bagi Generasi Z dan Millenial untuk merencanakan masa depan. "Program ini sejalan dengan program kewirausahaan diwilayah pedesaan dengan menyediakan kegiatan pelatihan dan bantuan modal usaha. sebagai gerakan nyata program #KolaborasiBarengMbakSri untuk pemberdayaan Gen Z dan Millenial.

Saat ini Sri Mastuti tengah melakukan roadshow atau ke ratusan karang taruna yang tersebar di ke tiga kabupaten tersebut. 

"Beberapa Kecamatan yang sudah kami ajak untuk kolaborasi seperti beberapa desa di Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Batur, Bawang, Kalibening dan Karangkobar" ucapnya 

Untuk desa-desa lainnya akan terus kami kunjungi," sambung Sri Mastuti. Untuk karang taruna dan desa-desa yang ingin #KolaborasiBarengMbakSri dengan bisa menghubungi ibu Sinta di nomor hp 0811-8675-686 atau bisa mengunjungi instagram https://www.instagram.com/srimastuti.official. 

Rep D..K. Ratih 

Red. Madya Innews

 

 

 

 

 

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !