Indahnya Toleransi ! Personel Satgas Yonarmed 10/ Bradjamusti Hadiri Acara Ritual Adat Masyarakat di Perbatasan

IMG-20240104-WA0028-picsay.jpg

KAPUAS HULU,INFONEWS -

Personel satgas pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti hadiri rangkaian kegiatan tradisi adat Ngampun Taun / tradisi penyambutan Tahun yang Baru yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Seriang bersama Ketua Adat dengan warga Desa Seriang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan, M.Han. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. Kamis (04/01/2024).

“Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Satgas dari Pos Seriang, serta diikuti sekitar 100 orang warga masyarakat setempat. Ritual Ngampun ini merupakan ritual penutup dari rangkaian perayaan Gawa’ (Gawai), yaitu perayaan syukur atas hasil panen dalam satu masa tanam,” ujar Dansatgas.

“Pelaksanaan kegiatan Tradisi ini merupakan kegiatan Tradisi yang perlu dilestarikan karena kegiatan ini merupakan salah satu kearifan lokal bagi masyarakat sekitar yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan warisan secara turun temurun dari leluhur,” tambahnya.

Kegiatan tardisi ini berlangsung dengan aman dan lancar, serta terjalinnya hubungan silaturahmi dan kekeluargaan yang baik antara personel satgas dengan aparat serta masyarakat setempat di wilayah perbatasan.

Terpisah, Bapak Fransiskus selaku kepala desa mengatakan “Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran bapak Satgas yang telah mengikuti acara adat kami dan membantu terlaksananya acara ini,“ pungkasnya.

Red : Jhon

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 10 Bradjamusti)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !