Dukung Pelestarian Alam Dan Budaya Lokal,Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Harus Kita Lestarikan

SLEMAN,INFONEWS871 TERKINI - Padukuhan Gabugan,Kalurahan Pandowoharjo,Kapanewon Sleman, melaksanakan merti Dusun pada Minggu (24/9).Merti dusun juga diramaikan dengan kirab bregodo dan pentas budaya secara meriah.Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa,turut hadir sekaligus menandai merti dusun secara simbolis dengan memotong tumpeng.

Danang Maharsa menyambut baik pelaksanaan Kirab Budaya dan Pentas Seni Budaya Gabugan. Kegiatan ini dinilai Danang menjadi media untuk menanamkam nilai luhur kepada generasi muda, khususnya terkait kebudayaan lokal. 

“Kegiatan ini menjadi penting untuk dilaksanakan. Pertama adalah untuk mengedukasi masyarakat,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahwa kita memiliki kebudayaan yang luar biasa dan harus kita lestarikan. Kemudian juga menjadi upaya pelestarian alam dengan diadakan di desa wisata ini. Kita harapkan, pelestarian alam dan budaya dapat dipadukan untuk menghasilkan manfaat yang lebih besar,” kata Danang.

Selain itu, Danang juga memberikan arahan, agar semangat gotong royong dan kerukunan warga Gabugan dapat diperkuat melalui merti desa ini. Dengan begitu, diharapkan Danang dapat mendukung terciptanya Sleman yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan

Nanang Sarjono, Panitia Merti Dusun Gabungan melaporkan,kegiatan ini didukung oleh seluruh warga Padukuhan Gabungan yang terdiri dari 5 RT. Pada tahun ini,merti dusun  dilaksanakan selama dua hari dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh kalangan warga Gabugan.

“Kegiatan sudah dimulai dari kemarin, ada pentas budaya, lomba tembang dolanan, lomba melukis, lomba mewarnai, sampai dengan puncak acara pada hari ini yaitu kirab budaya,” jelas Nanang.

Red :Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !