Desa Wonosari Salah Satu Desa Pengrajin Seni Ukir di Kabupaten Kebumen

KEBUMEN INFONEWS -

 

Dusun Kedunglegok adalah salah satu dusun yang berada di wilayah Desa Wonosari- Kecamatan Sadang  Kabupaten Kebumen Provinsi Jawat engah.

IMG_20230607_090154.JPG
Hasil Kerajinan Seni Ukir yang Diciptakan Warga Dusun Kedunglegok, Desa Wonosari, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen

Wilayah Desa ini merupakaan wilayah yang berada di pegunungan dengan banyak dataran tinggi dan juga Daerah ini mempunyai beberapa sumber daya alam yang berguna.

Khususnya Desa Wonosari yang berada di wilayah Kecamatan Sadang. Kabupaten Kebumen tersebut pada tahun 2023 telah ditetapkan oleh pemerintah Daerah sebagai Desa Wisata . 

Warga masyarakat Desa Wonosari dapat mengembangkan potensi Desanya menjadi sebuah Desa yang dapat dikunjungi oleh banyak  wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan Nasional.

Didesa ini banyak obyek wisata alam serta kerajinan lokal yang ada di Desa Wonosari itu sendiri, diantara salah satunya kerajinan ukir kayu yang  sekaligus sebagi sentra ukiran kayu di wilayah Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen.

Hal tersebut didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia yang terampil dan ahli dalam seni kerajinan ukir kayu alami.

Selain itu juga ada diberbagai wilayah Desa di Wilayah Kecamatan Sadang juga ada beberapa  pengrajin ukir kayu yang potensial untuk dikembangkan. 

Untuk kerajinan yang ada di Desa Wonosari yaitu ukiran dari kayu alami, berawal dengan banyaknya kayu yang tidak terpakai membuat warga mayarakat Desa Wonosari berinisiatif untuk memanfaatkan sebagai bahan ukiran. 

Ukiran yang biasanya di buat adalah hiasan dinding dan patung. dengan cara pembuatan cukup sederhana namun memerlukan keahlian yang mumpuni dalam hal teknik ukir masing-masing pengrajin.

Dari hasil karya tersebut akhirnya dapat menambah pendapatan warga Desa Wonosari yang memiliki hobi seni ukir, harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan motif ukirannya.

Solih pengrajin ukir kayu warga Dusun Kedunglegok, Desa Wonosari kepada media mengatakan bahwa dirinya telah lama mempelajari dan  menekuni seni ukir ini dan akhirnya dijadikan usaha kerajinan ukir kayu hingga saat ini, " kata Solih.

Ia pun menjelaskan bahwa sudah ada berbagai produk kerajinannya telah dipasarkan ke berbagai Daerah yang ada di Kebumen dan bahkan sudah sampai ke luar kota.

Mualifin Kepala Desa Wonosari kepada media pun menjelaskan bahwa pemerintah Desa Wonosari terus berupaya untuk  mendorong agar semua warga untuk berkreasi dan berinovasi  memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Selaku Kepala Desa, Mualifin juga berharap agar Desa Wonosari dapat mengembangkan potensinya yang kemudian akan mendapat nilai tambah bagi warga masyarakat Desa Wonosari itu sendiri."pungkasnya.

 

Red : Mujiono ( Madya)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !