Desa Seboro Kabupaten Kebumen Jawa tengah Jadikan Ketahanan Pangan Masuk Dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024

IMG-20230329-WA0197.jpg
Ketahanan Pangan Desa Seboro Memanfaatkan Bibit Sayur Dan Bahan Dapur

KEBUMEN INFONEWS- Ketahanan Pangan Desa Seboro Memanfaatkan Bibit Sayur Dan Bahan Dapur Seboro. KetahananPangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peran yang vital bagi kehidupan suatu bangsa.

Pemerintah telah menjadikan ketahanan pangan masuk dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024 dengan memprioritaskan program peningkatan ketersediaan.

 Akses, serta kualitas konsumsi pangan. Kebijakan fiskal yang diambil Pemerintah melalui APBN 2022 dengan tema Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural juga memasukkan ketahanan pangan sebagai agenda prioritas pembangunan serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam melaksanakan Kebijakan Pemerintah yaitu Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen) untuk pengembangan potensi desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa atau lahan masyarakat. Dalam hal tersebut Desa Seboro melaksanakan ketahanan pangan dengan menam tanaman holtikultura yang berada di wilayah Desa Seboro dengan mempergunakan lahan milik desa, tanaman yang ditanam merupakan pare, timun, terong, kangkong, cabai dll. 

Kepala Desa Seboro Adi Subarkah S.T. kepada Media info news 871 menjelaskan bahwa, tujuan ketahanan pangan ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan benih/bibit unggul yang bermutu dalam usaha pertanian tanaman pangan dan Holtikultura, jelas Adi Subarkah S.T. 

Selain itu Adi Subarkah S.T. menambahkan bahwa ini juga akan meningkatkan dan mengoptimalkan lahan milik desa yang ada” tutur Adi.

Adi Subarkah S.T. Kepala Desa Seboro berharap agar seluruh elemen warga masyarakat memanfaatkan semua lahan-lahan yang dapat ditanami dan dapat dipergunakan untuk bercocok tanam sehingga ketahanan pangan di wilayah Desa Seboro, harap Adi Subarkah S.T. 

Red : Madya/Hafid/Mujiono/tim Infonews

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !