Cahaya Obor Warnai Jalan Desa Gemeksekti, Warga Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah

KEBUMEN INFONEWS TERKINI

Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H Tahun 2023 ratusan warga Desa Gemeksekti turun ke jalan melakukan pawai obor, Pawai obor berawal dari Masjid Alhayu menuju balai Desa Gemeksekti, melalui jalan Cincin Kota  Kebumen. Dengan penuh semangat, warga berjalan kaki mengikuti pawai obor ini Diiringi gema sholawat berkumandang sepanjang warga mengikuti pawai obor ini. Hingga nyala api dari obor yang di bawa peserta pawai mewarnai ruas jalan Gemeksekti Karang Sambung pada 20:00 WIB malam 18 Juli 2023.

Pantauan awak media InfoNews871 dilapangan rombongan pawai diperkirakan sepanjang 1 KM. Peserta menggunakan obor yang terbuat dari bambu yang dipakaikan kain ada juga yang menggunakan sabut kelapa dengan dibaluri minyak tanah. Warga Desa Gemeksekti lainnya juga turut dalam kemeriahan malam pergantian tahun baru Islam. Disepanjang sisi kiri dan kanan jalan menyaksikan rombongan pawai dan turut meramaikan suasana.

Uniknya, para peserta pawai obor di Gemeksekti ini beberapa di antaranya melakukan antraksi dengan memainkan Bola Api ada juga yang Mengusung Keranda dan lainnya semua mereka lakukan untuk menghibur dan memerintahkan malam 1 Muharam 1445 H.

Sala Satu warga yang engan di sebutkan Namanya menyampaikan "Alhamdulillah warga Desa Gemeksekti turun untuk sambut satu Muharam. Mereka pawai obor,  Ribuan obor juga menyala di sepanjang jalan Desa Gemeksekti dalam menyambut Tahun baru Islam 1445 Hijriah. Acara Seperti ini kami Lakukan Setiap tahun juga selalu mengadakan kegiatan-kegiatan ini, dan hari-hari besar agama Islam," ucapnya.

Selain itu menurut dia, menghelat pawai obor dan bersuka cita merayakan Tahun Baru Islam adalah bentuk takzim terhadap sejarah serta budaya Islam. Kegiatan tersebut juga untuk memperkenalkan sejarah Islam kepada generasi muda.

Sejarah yang dimaksud adalah cerita Nabi Muhammad bersama Sayidina Abu Bakar RA hijrah dari Kota Mekah ke Madinah. Momen inilah yang kemudian menentukan Tahun Baru Islam. pawai obor menyambut Tahun Baru Islam adalah tradisi warga di kampungnya. Tak hanya saat perayaan Tahun Baru Islam, biasanya pawai obor juga diselenggarakan di awal Ramadan. "Pawai obor ini sudah berjalan sejak lama sebagaimana para sesepuh Desa Gemeksekti dahulu," Tutupnya.

 

Red : Madya, Mujiono (Khayati)

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !