Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Pukul Kentongan dan Tinjau Kandang Ayam CV. Sinar Permata Kedung Sriti

SLEMAN,INFONEWS871 TERKINI -  Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan melakukan pencanangan Kawasan Pertanian Sehat Komoditas Telur Ayam Ras hari ini Rabu (27/9). Pencanangan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri  Purnomo dengan pemukulan kentongan dilanjutkan peninjauan kandang ayam di CV Sinar Permata, Kedung Sriti, Umbulharjo, Cangkringan.

20230927_213636.png

Hadir pula dalam acara tersebut Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Budi Guntoro dan Ketua Presidium Pinsar Petelur Nasional, Yudianto Yosgiarso.

Kustini menyampaikan,upaya peningkatan kualitas produk pertanian dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Sleman.Ia mengatakan pertanian yang sehat adalah pertanian yang dalam setiap aspeknya menanamkan karakter ‘sehat’ mulai dari input, proses, ouput, maupun petaninya sebagai pelakunya.

20230927_213732.png

“Pertanian Sehat merupakan pertanian yang menanamkan karakter 'sehat' dalam setiap bagiannya baik input, proses, ouput, maupun petaninya sebagai pelakunya. Karena dalam proses produksinya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan disekitarnya akan terjaga dengan baik dan hasilnya juga sehat untuk dikomsumsi,” jelasnya.

Dengan peningkatan kualitas produk pertanian sehat diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi hasil pertanian dan peternakan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak.

Untuk komoditas telur, jumlah produksi di Sleman mencapai 14.527,5 ton. Dengan potensi yang besar ini maka komoditas telur ayam di Sleman layak dikembangkan menjadi pertanian sehat khususnya untuk komoditas telur ayam ras.Ia berharap agar pencanangan kawasan pertanian sehat komoditas telur ini benar-benar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas telur ayam ras sehingga dapat menghasilkan produk sehat yang dapat meningkatkan pendapatan petani secara berkelanjutan.

“Dimulai dari komoditas  telur ini, diharapkan juga dapat mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat sehingga sangat mendukung upaya kita dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono mengatakan Kabupaten Sleman memiliki potensi pertanian pada komoditas ayam ras yaitu populasi ayam ras petelur sebanyak 1.850.433 ekor dengan jumlah produksi 14.527,5 ton dari 184 pengusaha salah satunya di CV. Sinar Permata Kedung Sriti. Oleh karenanya, diperlukan pencanangan Kawasan Pertanian Sehat untuk memberikan komoditi pangan hewani yang sehat, lingkungan yang lestari dan produk yang aman dikonsumsi.

“Kedepan Sleman harus bisa menyediakan makanan sehat bagi warganya. Produk pertanian harus sehat, dibudidayakan secara sehat dan menggunakan bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam mewujudkan pertanian yang sehat khususnya untuk komoditas telur ayam ras maka dibutuhkan peternakan-peternakan ayam petelur yang sehat yaitu dengan menerapkan biosecurity 3 zona. Biosecurity 3 zona adalah zona merah, zona kuning, dan zona hijau dalam upaya mencegah masuknya bibit penyakit kedalam suatu areal peternakan, agar ayam yang dipelihara di dalamnya bebas dari ancaman infeksi penyakit yang belum pernah ada dalam lokasi peternakan tersebut. 

Sejalan dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Budi Guntoro menyampaikan dukungan terhadap program ini. Ia berharap dengan produk pangan sehat dapat berimbas kepada naiknya taraf kesehatan masyarakat sekaligus mencegah stunting di Sleman. 

“Dengan masyarakat mengkonsumsi produk telur ayam ras yang berasal peternakan yang menerapkan Kawasan Sehat maka bukan tidak mungkin mampu mencegah dan menurunkan prevalensi stunting khususnya di Sleman,” katanya.

Red : Suharmanto

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !