Andriyanto,SH Pimpinan Redaksi Media InfoNEWS, Siapkan Delegasi Untuk hadiri Hari Pers Nasional 2023 Di Medan

IMG20221203121010.jpg
Andriyanto,SH Pimpinan Redaksi Media InfoNEWS, Siapkan Delegasi Untuk hadiri Hari Pers Nasional 2023 Di Medan 

KARAWANG INFONEWS - Hari Pers Nasional 2023 akan diperingati pada 9 Februari. Peringatan Hari Pers Nasional yang dirayakan tiap tahun ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI).

Tahun ini, Hari Pers Nasional akan diselenggarakan di Medan. Terdapat banyak acara nantinya. Lantas seperti apa peringatan Hari Pers Nasional 2023?.

Apa itu Hari Pers Nasional?  Hari Pers Nasional merupakan hari Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 9 Februari. Peringatan Hari Pers Nasional digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PWI.

Adapun penetapan Hari Pers Nasional secara legalitas diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Hari Pers Nasional dicetus akibat peran wartawan. Peran wartawan sebagai aktivitas pemberitaan membuat masyarakat membangkitkan kesadarannya. Sejarah Hari Pers Nasional juga tak lepas kaitannya dengan Organisasi PWI yang terbentuk pada 9 Februari 1946.

Sewaktu diadakannya Kongres PWI ke 28 di Padang tahun 1978, Hari Pers Nasional menjadi salah satu topik yang keluar dari kongres tersebut. Isu atas Hari Pers Nasional tercipta dari pemikiran tokoh-tokoh pers dalam memperingati kehadiran dan peran pers nasional.

Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, lahir di Blora, 1880, merupakan tokoh perintis Pers Nasional. Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo wafat pada 1918. Beliau kemudian dikenal sebagai Bapak Pers Nasional sebab kerja-kerja jurnalistiknya.

Perayaan Hari Pers Nasional hingga kini masih diperingati setiap 9 Februari. Dewan Pers setiap tahunnya melakukan kerja dalam penentuan tempat penyelenggaraan perayaan ini secara bergantian di ibukota Provinsi.

Red : innews 

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !