Kelompok Mocopat Wanita Utomo Ikut Meriahkan Malam Satu Suro di Kecamatan Mandiraja

BANJARNEGARA INFONEWS TERKINI -

Acara peringatan malam satu suro kali ini juga di gelar oleh pihak Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Mengambil tempat diteras kantor acara berlangsung khidmad, pada Sabtu malam (6 /7/ 2024).

Salah satu peserta pengisi acara yaitu kelompok mocopat Wanita Utomo dari Dusun Kalipacet, Desa Somawangi yang dipimpin oleh Prihati Wuri Handayani, S.H.,S.Pd.

Kelompok mocopat wanita utomo ini eksis mempertahankan seni budaya jawa yaitu khususnya tembang jawa panembromo. Selain mempersembahkan panembromo kelompok ini juga menampilkan tembang-tembang gending jawa lainya juga geguritan.

Prihati Wuri Handayani, S.H. S.Pd.kepada Wartawan mengatakan, malam ini kelompok kami mempersembahkan panembromo sebagai seni jawa warisan leluhur yang wajib kita lestarikan. Dan penampilan kami dengan kostum kebaya lengkap dengan sanggul merupakan ciri khas wanita jawa "

Ia juga menegaskan bahwa tampil mengenakan kostum ini sebagai salah satu upaya ikut serta melestarikan busana warisan nenek moyang agar tidak di akui bangsa lain.

"Kami sangat berterima kasih kepada  Kepala desa  somawangi yang sudah mensuport kami untuk transpprtasi, dari anggota BPD dusun kami juga membantu. Dan dukungan dari bapak ibu kelomlok panembromo yang terus giat berlatih selama persiapan menjelang pentas hingga acara berlangsung  dengan baik, "pungkasnya.

Red : Madya

Tags:
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !