Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Peringati Acara Merta Bumi dan Menyongsong Hari Jadi Kabupaten Purworejo

IMG-20230219-WA129.jpg
Pagelaran Wayang kulit Dalam Rangka memperingati Merti Bumi dan Menyongsong Hari Jadi Purworejo ke 192. di kelurahan Pangenrejo

PURWOREJO INFONEWS - Dalam rangka pelestarian kesenian dan budaya daerah Pemerintah kelurahan Pangenrejo Kec Purworejo Kab Purworejo laksanakan kegiatan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Acara kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Merti Bumi (Merti Deso) kegiatan tersebut sekaligus memeriahkan Hari jadi Kabupaten Purworejo ke 192.

acara kegiatan pagelaran dilaksanaka dilapangan Ciluwek Kelurahan Pangenrejo pada sabtu (18/2/2023) pk :20:00.hingga selesai, terlihat antusias warga pangenrejo untuk menghadiri sekaligus menyaksikan acara tersebut sangatlah baik dan nenyambut positif guna pelesrarian budaya 

Pagelaran budaya wayang kulit dengan dalang Ki Sunarpo guno prayitno dari Grabag Purworejo dengan lakon /judul Semar bangun khayangan.

Hadir dalam acara tersebut Muspika Kecamatan Purworejo yang diwakili Kemico bidang pemerintahan beserta jajarannya dan Lurah Pangenrejo Lepot Agusmanto beserta jajaran serta hadir dari jajaran babinsa dan polsek Pangenrejo dan para undangan.

Lepot Agusmanto selaku Lurah Pangenrejo kepada media infonews mengatakan bahwa malam hari ini kami keluarga besar warga Kelurahan pengenrejo dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Merti bumi tahun 2023. yang rangkaian kegiatan itu sudah dilaksanakan mulai kemarin hari Kamis (16/2/2023) dan kegiatan tersebut diantaranya bersih bersih atau bersih sumur yang merupakan pekunden pangerejo. kemudian ziarah ke makam leluhur pendiri dan tokoh dari tokoh pendiri Kelurahan pangerejo ini.

" yang berikutnya juga ada kenduri Agung dan kirab budaya yang tadi siang sudah dilaksanakan kirap-kirap semua kebudayaan di purworejo."ucapnya.

Lepot Agusmanto juga mengatakan bahwa phaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada warga masyarakat manganrejo khususnya kepada para donatur yang telah menyempuyung terlaksana kegiatan Merti bumi di Kelurahan Bangunrejo tahun 2023 ini."ucapnya,

Dirinya juga berharap Semoga dengan dilaksanakan Merti bumi ini kesejahteraan kesehatan ketentraman dunia warga paangenrejo selalu terlindungi dan mendapat Barokah dari Allah subhanahu wa ta'ala. kegiatan ini juga berkaitan dengan hari jadi Purworejo " yaitu di acara kenduri Agung karena sesuai menurut petunjuk dari bapak PLT Camat untuk setiap Kelurahan Desa pada saat hari jadi nanti dilaksanakan pundi Agung maka dari itu kita mempersingkat waktu juga dengan efisiensi Baik dana dan tenaga didalan kita mengadakan kenduri Agung ini.

disamping merti bumi Kelurahan Pangenrejo juga kenduri Agung untuk menyongsong hari jadi Kabupaten Purworejo yang ke-192. "harapnya.

Disisi lain Kemico bidang pemerintahan Muspika kecamatan Purworejo yang hadir mewakili Plt canat Purworejo mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kelurahan Kelurahan Pabgenrejo yang sudah bisa melaksanakan dalam kegiatan-kegiatan bersih desa atau Merti desa supaya nanti dalam acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar nyaman.

Kemico berharap agar kebudayaan Jawa terutama kebudayaan wayang kulit dapat lestari dan pagelaran wayang kulit ini semoga duberukan kelancaran dan sukses "ucapnya.

Red : Madya /pramono (tim)

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu

Komentar

  • Belum ada komentar !